Mees Hilgers Berlari ke Tribune Penonton di Belanda untuk Ambil Bendera Indonesia, Difoto dan Viral di Media Sosial

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 18 Sep 2024, 12:03 WIB
Empat pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Eropa telah diajukan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi agar bisa membela Timnas Garuda. Dari keempatnya, Mees Hilgers berpeluang paling cepat, karena sama sekali belum pernah berseragam Timnas negara lain. (twitter@fctwente)

Bola.com, Enschede - Viral foto Mees Hilgers dengan bendera Indonesia setelah membawa FC Twente menang atas SC Heerenveen di Eredivisie 2024/2025. Netizen mau menangis.

Bermain sebagai starter selama 90 menit, Mees Hilgers baru membawa FC Twente mengalahkan SC Heerenveen 2-0 dalam pekan ketiga Eredivisie di De Grolsch Veste, Enschede, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB.

Advertisement

Dalam video yang beredar di media sosial, Mees Hilgers terlihat berlari ke tribune belakang gawang De Grolsch Veste untuk meminta bendera Merah Putih yang dibawa penonton.

Calon bek naturalisasi Timnas Indonesia itu mengambil bendera Indonesia dan didokumentasikan oleh dua fotografer di pinggir lapangan, yang fotonya beredar luas di media sosial.

2 dari 4 halaman

Jadi WNI dalam Waktu Dekat

Pemain Twente, Mees Hilgers (kanan) menghalau bola tendangan pemain PSV, Guus Til (kedua kanan) pada laga lanjutan Liga Belanda 2022/2023 yang berlangsung di De Grolsch Veste Stadium, Enschede, Belanda, 3 September 2022. (AFP/ANP/Olaf Kraak)

Dalam waktu dekat, Mees Hilgers bersama pemain PEC Zwolle, Eliano Reijnders, akan dilantik menjadi WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas, menjelaskan alasan Hilgers dan Reijnders bakal diambil sumpah kewarganegaraan di Belanda, bukan di Indonesia.

Supratman bakal menerbangkan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar, ke Belanda untuk memfinalisasi naturalisasi Hilgers dan Eliano.

3 dari 4 halaman

Disumpah di Belanda

"Berhubung karena dua calon WNI yang akan bergabung dengan Timnas Indonesia masih ada di Belanda, maka langkah tercepat yang bisa diambil adalah memberangkatkan Dirjen AHU," imbuh Supratman.

"Untuk pengambilan sumpah Hilgers dan Eliano sebagai WNI di KBRI Belanda," tutur pria berusia 54 tahun tersebut.

Hilgers dan Eliano diproyeksikan untuk bisa membela Timnas Indonesia melawan Timnas Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan Timnas China pada 15 Oktober 2024 dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

4 dari 4 halaman

Netizen Heboh

Berita Terkait