8 Bintang Top yang Panaskan Liga Champions Asia 2024 / 2025: Nama Mentereng, Kualitas Tak Kaleng-kaleng

oleh Choki Sihotang diperbarui 18 Sep 2024, 15:00 WIB
Pada laga tersebut, Al-Nassr harus puas berbagi poin setelah laga berakhir dengan skor 1-1. (AFP/Fayez Nureldine)

Bola.com, Jakarta Tak kalah menarik dan asyik dari Liga Champions Eropa, Liga Champions Asia 2024/2025 juga menghadirkan sederet laga ketat yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Sederet bintang top dunia bakal tampil habis-habisan bersama klubnya masing-masing.

Liga Champions Asia matchday 1 dimulai pada 17-19 September. Indonesia diwakili Persib Bandung yang musim lalu tampil sebagai jawara BRI Liga 1 2023/2024, tetapi tampil di Liga Champions Asia Two 2024/2025. 

Advertisement

Maung Bandung yang berada di Grup F akan ditantang wakil Thailand, Port. Kedua tim akan bertarung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (19/9/2024) malam pukul 19.00 WIB.

Lantas, siapa-siapa saja bintang top beken dunia yang ambil bagian di Liga Champions Asia musim ini?

Dilansir Planet Football, berikut deretan pesepak bola yang namanya tak asing lagi bagi seluruh pencinta balbalan di seantero dunia, termasuk di Indonesia.

 

2 dari 9 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo juga tercatat sebagai orang pertama yang sukses mencatatkan rekor itu baik di klub maupun di timnas. (AFP/Fayez Nureldine)

Setelah memenangi Liga Champions UEFA pada lima kesempatan terpisah, Ronaldo pasti ingin menambahkan Liga Champions AFC ke koleksinya musim ini.

Pada kompetisi tahun lalu, ia mencetak enam gol saat Al-Nassr melaju ke perempat final, tetapi kalah dari juara bertahan Al-Ain.

Ia absen pada pertandingan pembukaan Al-Nassr di turnamen melawan Al-Shorta karena sakit. Tetapi, pemain asal Portugal tersebut diperkirakan akan kembali untuk pertandingan berikutnya.

 

3 dari 9 halaman

2. Neymar

Neymar jadi pemain kelima yang didatangkan Al Hilal di bursa transfer musim panas 2023. (Saudi Pro League / AFP)

Liga Champions Eropa tak lagi menyuguhkan sepak terjang Neymar. Namun, untungnya bagi para penggemar di Asia, mereka pasti akan disuguhi penampilan klasik Neymar di tengah pekan.

Setelah absen hampir sepanjang musim 2023/2024 karena cedera, pemain Brasil itu semakin dekat untuk kembali beraksi.

Ia akan kembali beraksi sekitar November dan mudah-mudahan, ia akan kembali ke performa terbaiknya saat babak sistem gugur bergulir pada 2025.

 

4 dari 9 halaman

3. Joao Cancelo

Sempat dipinjamkan selama setengah musim ke Bayern Munchen pada 2022/2023 dan semusim ke Barcelona musim lalu, bek kanan asal Portugal, Joao Cancelo akhirnya memilih hijrah ke klub Saudi Pro League Al Hilal pada awal musim 2024/2025. Ia dilepas Manchester City dengan nilai transfer 25 juta euro (Rp428 miliar). (Instagram/@jpcancelo)

Meskipun pemain berusia 30 tahun itu sekarang bermain di Arab Saudi, tidak diragukan lagi ia masih termasuk di antara bek sayap terbaik di dunia sepak bola.

Ia gagal memenangi Liga Champions bersama Manchester City pada 2022/2023 karena menghabiskan paruh kedua musim itu dengan status pinjaman bersama Bayern Munchen. Tetapi, ia memiliki peluang bagus untuk menjuarai Liga Champions Asia musim ini.

Al-Hilal termasuk di antara tim favorit untuk memenangi kompetisi tahun ini. Bayangkan saja punya pemain seperti Cancelo dan Neymar. 

 

5 dari 9 halaman

4. Oscar

Setelah menghabiskan delapan tahun terakhir di Liga Super China, Oscar mungkin bukan pemain kelas dunia seperti dulu. Tetapi, ia masih menjadi salah satu nama terbesar di Liga Champions Asia musim ini.

Secara total, pemain Brasil itu yang memperkuat Shanghai Port telah tampil 33 kali dalam kompetisi tersebut, dengan total sumbangan 19 gol. Namun, ia belum berhasil mengangkat trofi Liga Champions Asia.

 

6 dari 9 halaman

5. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez didatangkan Manchester City dari sesama klub Premier League, Leicester City pada awal musim 2018/2019. Setelah 5 musim bersama, pada awal musim 2023/2024 saat kontraknya tersisa satu tahun usai perpanjangan kontrak pada 2022/2023, ia memutuskan hengkang ke klub Arab Saudi, Al-Ahli dengan nilai transfer 35 juta euro dengan durasi kontrak selama empat tahun hingga 30 Juni 2027. (twitter.com/ALAHLI_FCEN)

Pemain sayap Aljazair ini memiliki rekor impresif di Liga Champions dengan 36 gol dalam 55 penampilan. Kini, ia akan berusaha melakukan hal yang sama di kompetisi klub papan atas Asia.

Setelah finis ketiga di Liga Pro Saudi musim lalu, Al-Ahli berhasil lolos ke Liga Champions Asia untuk pertama kalinya sejak 2020/2021.

 

7 dari 9 halaman

6. Roberto Firmino

Al Ahli mengggaet penyerang 31 tahun itu secara gratis. Sebelumnya, kontrak Firmino bersama Liverpool habis per 30 Juni 2023 kemarin dan tak diperpanjang. (AFP/Adrian Dennis)

Rekan bintang Al-Ahli yang akan berlaga di Liga Champions Asia musim ini adalah Firmino. Mantan penyerang Liverpool itu tidak diragukan lagi merupakan pemain kelas dunia selama masa jayanya.

Ia akan berharap dapat mencetak beberapa gol dalam kompetisi ini musim ini.

 

8 dari 9 halaman

7. Sadio Mane

Sadio Mane baru didatangkan Al Nassr dari Bayern Munchen pada awal musim 2023/2024. Saat ini ia berstatus sebagai top skor bersama timnas Senegal dengan catatan 38 gol dari 99 laga. Bersama Al Nassr hingga kini ia telah mencetak 8 gol dan 2 assist dari total 14 laga di semua kompetisi. (AFP/Fayez Nureldine)

Mantan rekan setim Firmino di Liverpool juga akan berkompetisi di Liga Champions Asia musim ini.

Pada pertandingan terakhir, Mane tampil cukup mengecewakan di Asia karena hanya mencetak satu gol dalam delapan penampilan. Jika Al-Nassr ingin mengangkat trofi musim ini, ia harus menemukan kembali performa terbaiknya.

 

9 dari 9 halaman

8. Joselu

Baiklah, mungkin kita agak mengada-ada tentang definisi 'kelas dunia' di sini, tetapi kita berbicara tentang seorang pemain yang memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid beberapa bulan lalu.

Tidak hanya itu, Joselu memainkan peran kunci dalam kemenangan tim asuhan Carlo Ancelotti di turnamen tersebut. Ia mencetak dua gol penentu yang mengalahkan Bayern Munchen di semifinal.

Kini, ia bermain di klub Qatar Stars League, Al Gharafa

Sumber: Planet Football

Berita Terkait