4 Bintang Timnas Indonesia U-20 yang Bakal Jadi Kartu Truf Indra Sjafri di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

oleh Choki Sihotang diperbarui 18 Sep 2024, 17:00 WIB
Timnas Indonesia - Jens Raven dan Dony Tri Pamungkas (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Genderang perang sudah ditabuh. Dalam waktu tak lama lagi, Timnas Indonesia U-20 bakal bertarung di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Bisa terbang tinggi, Garuda Muda?

Berdasarkan jadwal, kualifikasi akan berlangsung dari 25 hingga 27 September mendatang. Timnas Indonesia U-20 yang berada di Grup F bersama Yaman, Timor Leste, dan Maladewa, dipercaya sebagai tuan rumah.

Advertisement

Lantas, kapan Tim Garuda Muda akan memulai petualangannya? Jika tak ada aral melintang, pasukan Indra Sjafri tersebut mengawali laga pada 25 September melawan Maladewa di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pukul 19.30 malam WIB.

Timnas Indonesia U-20 tentunya bertekad menyapu bersih semua laga demi memuluskan langkah ke putaran final Piala Asia 2025 yang akan berlangsung di Arab Saudi.

Terkait materi pemain Timnas Indonesia U-20, sebagian besar merupakan pemain Timnas U-19 yang beberapa waktu lalu menjuarai Piala AFF U-19 2024.

 

2 dari 6 halaman

Sekali Juara

Selama keikutsertaannya di Piala Asia U-20, Indonesia baru sekali merasakan manisnya gelar juara. Itu tersaji pada 1961.

Hanya saja, saat itu, Indonesia berbagi juara bersama Myanmar, lawan yang dihadapinya di final. Laga berakhir imbang tanpa gol dan saat itu belum ada istilah perpanjangan waktu serta adu penalti.

Sejak saat itu, Indonesia tak pernah lagi naik podium kehormatan tertinggi. Pencapaian terbaik hanya sebagai runner-up pada 1967 dan 1970.

Nah, kini saatnya Garuda Muda terbang lebih tinggi, mengulang romantisme indah puluhan purnama silam di Thailand.

Namun, mengulangi pencapaian tersebut jelas tak mudah, mengingat persaingan yang sangat sengit dan rumit. Namun, dengan materi pemain yang ada saat ini, Indonesia setidaknya bisa mengapungkan asa tinggi.

Sebagai langkah awal, Indra Sjafri dan pasukannya harus lebih dulu melewati babak kualifikasi dengan hasil yang memuaskan. Berikut empat pemain Timnas Indonesia U-20 yang bakal jadi kartu truf Indra Sjafri di kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

 

3 dari 6 halaman

Jens Raven

Selebrasi kemenangan pemain Timnas Indonesia U-19, Jens Raven setelah berakhirnya laga final Piala AFF U-19 2024 menghadapi Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bisa dipastikan, si ganteng berdarah dingin ini bakal menjadi pemain kunci kedigdayaan Timnas Indonesia U-20 di kualifikasi nanti.

Striker kepunyaan Dordrecht U-21, Belanda itu, merupakan sosok pemburu gol dengan skill di atas rata-rata serta ketenangan yang mengagumkan.

Di Piala AFF U-19 2024 beberapa waktu lalu, di mana Timnas Indonesia tampil sebagai kampiun, Jens Raven membuktikan kelasnya sebagai ujung tombak muda mematikan dengan torehan empat gol serta tiga assist.

Dengan tinggi 189 cm, plus stamina dan fisik yang mumpuni, Jens Raven diyakini bakal menjadi momok yang sangat menakutkan bagi Yaman, Timor Leste, dan Maladewa.

 

4 dari 6 halaman

Welber Jardim

Pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim (kiri) menguasai bola dibayangi pemain Timnas Panama U-17, Oldemar Castillo pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Gelandang petarung berhati baja ini sudah membuktikan kualitasnya di Piala AFF U-19 2024. Ia seperti angin, ada di mana-mana. Sebentar ke bawah, lalu berpindah ke tengah, dan tiba-tiba muncul di depan. Begitu seterusnya sepanjang laga.

Nyali dan mentalnya sungguh mengagumkan. Ia tak pernah mundur apalagi ciut meski harus berduel demi mengamankan lini tengah yang menjadi tanggung jawabnya.

Akurasi umpannya, baik pendek maupun panjang, sangat memanjakan. Satu lagi, tembakannya dari luar kotak penalti juga kerap membuat kiper lawan ketar-ketir.

Yaman, Timor Leste, dan Maladewa bakal merasakan betapa ganasnya 'Gattuso' muda kebangaan rakyat Indonesia itu.

 

5 dari 6 halaman

Dony Tri Pamungkas

Kapten Timnas Indonesia U-19, Dony Tri Pamungkas saat menghadapi Filipina di Grup A Piala AFF U-19 2024. Laga itu digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024). (Dok. PSSI).

Tiap kali Tim Garuda Muda memanggil, tiap kali pula Dony Tri Pamungkas siap untuk berjibaku tanpa ragu. Baginya, membela panji-panji kebesaran Merah Putih di pentas Internasional melebihi segalanya.

Ban kapten yang melingkar di lengan kekarnya membuktikan kalau kebangaan The Jakmania itu memang layak mengemban misi suci. Bagi rekan-rekannya, pemain muda Persija Jakarta tersebut tak hanya sekadar Il Capitano, tetapi juga seorang leader di medan pertempuran.

Berani, bernyali, dan punya visi bermain membuat Dony Tri Pamungkas menjadi salah satu pemain yang sangat diandalkan Indra Sjafri. Ia bisa mengejawantahkan semua instruksi pelatih dengan cepat lalu meneruskannya kepada semua rekan-rekannya di lapangan.

 

6 dari 6 halaman

Ikram Algiffari

Kiper Timnas Indonesia U-17, Ikram Algiffari berusaha mengamankan bola saat menghadapi Timnas Ekuador U-17 pada laga pertama Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di bawah mistar, Ikram Algiffari tak ubahnya Spiderman. Ia tak hanya cepat dengan refleks yang sangat mengagumkan, kiper Semen Padang itu juga mampu terbang ke setiap sudut guna menjaga keperawanan gawangnya.

Si jangkung 183 cm dan bertubuh atletis itu tipikal penjaga gawang yang tenang meski tengah dalam tekanan. Tak heran, kalau ia mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Kinerjanya yang memesona berbuah manis pada ajang Piala AFF U-19 2024, dan rakyat Indonesia sepakat kalau sukses Garuda Muda keluar sebagai juara tak lepas dari sensasi Ikram Algiffari.

Di babak kualifikasi nanti, sensasi Ikram Algiffari pastinya bakal terus tersaji.

Berita Terkait