Menpora soal Polemik Hosting Fee Rp219 Miliar MotoGP Indonesia 2024: Pasti Dibayar

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 18 Sep 2024, 15:27 WIB
Indonesia akhirnya berkesempatan menjadi tuan rumah satu di antara rangkaian MotoGP 2022, tepatnya di Sirkuit Mandalika. (AFP/Bay Ismoyo)

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, buka suara terkait polemik hosting fee MotoGP Indonesia 2024. Apa kata pria yang juga politikus Partai Golkar itu?

Dito mengatakan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah melakukan rapat dengan Kementerian BUMN, InJourney, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membahas hosting fee MotoGP Indonesia.

Advertisement

Pemerintah Indonesia memang harus membayarkan hosting fee sebesar 12,8 juta euro atau setara dengan Rp219 miliar kepada Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP untuk menyelenggarakan balapan pada tahun ini.

"Kemarin baru rapat Kementerian BUMN, InJourney, Kemenpora, Kemenkeu, dan Kemenparekraf untuk proses pembayaran hosting fee ini. Pasti dibayar," ujar Dito.

2 dari 3 halaman

27-29 September 2024

Sejumlah pembalap Moto2 sedang menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat saat sesi latihan bebas MotoGP Indonesia 2023 pada Jumat (13/10/2023). (AFP/Yasuyoshi Chiba)

Indonesia rencananya akan menggelar MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, pada 27-29 September 2024. Balapan ini bakal menjadi yang ketiga sejak 2022.

Kabarnya, dalam dua balapan MotoGP Indonesia sebelumnya, pemerintah pusat lewat Kemenparekraf menjadi pihak yang menanggung hosting fee MotoGP Indonesia.

Pada 2022, Kemenparekraf bertanggung jawab penuh atas hosting fee. Sementara pada 2023, Kemenparekraf mengucurkan Rp78,8 miliar ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dalam bentuk sponsorship "Wonderful Indonesia".

3 dari 3 halaman

Lewat Wonderful Indonesia

Sementara itu, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomo Kreatif (Menparekraf) merespons kemungkinan pihaknya kembali menanggung hosting fee MotoGP 2024 lewat promosi Wonderful Indonesia.

"Kami diarahkan untuk mendukung dari segi promosi melalui Wonderful Indonesia bersama MotoGP," imbuh Sandiaga dinukil dari Liputan6.com.

"Jadi pada MotoGP 2023 diubah menjadi aktivasi Wonderful Indonesia. Itu sudah kami lakukan dan sekarang diteruskan. Jadi saya tegaskan lagi, Kemenparekraf sekarang bertugas untuk mendukung promosi," jelasnya.

Berita Terkait