Media China Ungkap 2 Kabar Buruk Team Dragons Jelang Melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh Ana Dewi diperbarui 18 Sep 2024, 18:15 WIB
Striker Timnas China, Behram Abduweli (nomor 9). (AFP/KARIM JAAFAR)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas China pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Duel kedua tim berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, China (15/10/2024).

Jelang bentrok ini, media lokal China, Sohu, menyebut skuad Negeri Tirai Bambu mendapat kabar tak mengenakkan. Mereka menyoroti calon dua pemain naturalisasi baru: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang segera memperkuat Timnas Indonesia.

Advertisement

"Kabar buruk bagi Timnas China! Oscar, pemain asing di Liga Super China, tidak kembali ke China, dan Indonesia menambah satu lagi pemain naturalisasi," begitu judul artikel yang dibuat Sohu.

Selain was-was Timnas Indonesia mendapatkan tambahan amunisi anyar jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Sohu juga menyayangkan eks bintang Chelsea, Oscar, yang gagal dinaturalisasi oleh federasi sepak bola China (CFA).

 

2 dari 3 halaman

Periode Buruk

Ilustrasi - Tiga Pemain Timnas China: Jiang Guangtai, Fei Nanduo, Alan Douglas (Bola.com/Adreanus Titus)

Sepanjang September ini, Timnas China sedang dinaungi tren buruk. Tim besutan Branko Ivankovic itu gagal total dalam dua laga awal ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka menelan dua kekalahan melawan Jepang (0-7) dan Arab Saudi (1-2).

Saat ini, Team Dragons berada di dasar klasemen atau peringkat keenam Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan nol poin. Posisi Branko Ivankovic juga dalam bahaya pemecatan menyusul hasil jeblok tersebut.

"Timnas China kembali mendapat dua kabar buruk yang mengecewakan para penggemarnya. Pertama, Oscar yang bermain untuk tim Liga Super China, Cangzhou Lions, belum kembali, meski seharusnya ia berpotensi menjadi pemain naturalisasi tim nasional sepak bola," tulis Sohu seperti dikutip pada Rabu (18/9/2024).

"Kedua, lawan Timnas Indonesia telah menambah satu lagi pemain naturalisasi, dan striker penting ini menarik banyak perhatian," sambung media tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Mengkhawatirkan

Dalam ulasannya, Sohu menyebut Timnas China tengah dihadapkan dengan situasi sulit. Performa mereka mengkhawatirkan jelang menghadapi Timnas Indonesia di kandang sendiri. Kalau tidak segera bangkit, sulit bagi mereka untuk mewujudkan mimpi mentas di Piala Dunia 2026.

"Kesulitan yang dihadapi tim nasional sepak bola China memang mengkhawatirkan, kalah di dua laga sebelumnya. Karena kinerja buruk, asosiasi sepak bola China juga sedang mempertimbangkan untuk mengganti pelatih kepala Ivankovic," katanya.

"Namun Ivankovic enggan hengkang dan berharap bisa terus melatih tim nasional sepak bola China. Kalaupun terpaksa mundur, ia harus memastikan seluruh gajinya bisa dibayar," lanjut Sohu.

Berita Terkait