Liga Inggris: Buntut 115 Dakwaan Kecurangan, Man City Terancam Ditinggal Erling Haaland ke Real Madrid

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 18 Sep 2024, 20:45 WIB
Pemain Manchester City, Erling Haaland merayakan kemenangan timnya atas West Ham United setelah laga lanjutan Liga Inggris 2024/2025 di London Stadium, London, Inggris, Sabtu (31/08/2024) waktu setempat. (AFP/Ian Kington)

Bola.com, Jakarta - Erling Haaland didesak untuk meninggalkan Manchester City dan bergabung dengan Real Madrid karena tim Liga Inggris itu terancam bersalah dalam pelanggaran keuangan. Anak asuh Pep Guardiola itu berada di hari ketiga sidang mereka ke dalam 115 dugaan pelanggaran aturan keuangan papan atas antara 2009 dan 2018.

Meski Man City dengan tegas menolak semua tuduhan terhadap mereka, hukuman bisa tidak terbatas sudah menunggu jika mereka dinyatakan bersalah, termasuk kemungkinan pengurangan poin, denda atau bahkan pengusiran dari Liga Inggris sama sekali.

Advertisement

Lebih mengerikan lagi, Erling Haaland, yang sudah memiliki sembilan gol untuk musim ini, bisa saja menuntut untuk pindah klub. Pemain Norwegia itu terikat kontrak di Etihad hingga 2027, tetapi itu tidak menghentikan legenda Real Madrid, Guti, mendesak mantan timnya untuk bergerak untuk bintang itu.

"Saya akan membawa Haaland ke Real Madrid," kata Guti pada hari Senin. "Dia luar biasa selama beberapa tahun sekarang dan saya hanya berharap dia adalah target Florentino Perez berikutnya. Itu akan sangat bagus untuk sepak bola kami."

2 dari 4 halaman

Sudah Pernah Diingatkan

Erling Haaland kembali menunjukkan ketajaman saat membawa Manchester City pesta gol atas Ipswich Town di Liga Inggris. (AP Photo/Dave Thompson)

Ini bukan pertama kalinya Guti menuntut Madrid untuk merekrut striker Norwegia itu. Dia membuat argumen untuk tim Spanyol untuk pergi untuk Haaland sebelum kepindahannya dari Dortmund ke Man City.

Berbicara pada Mei 2022, Guti mengklaim bahwa jika Madrid tidak menarik pelatuk dan mengklaim striker muda itu sekarang, maka mereka tidak akan pernah bisa merekurtnya lagi.

"Vinicius, Benzema, Haaland, dan Mbappe bisa bermain bersama. Jika Anda dapat memiliki Haaland dan Mbappe di Real Madrid, itu adalah lompatan dalam kualitas. Tidak perlu diragukan lagi. Real Madrid harus melakukan semua yang mereka bisa untuk menandatangani kedua Mbappe dan Haaland. Jika mereka tidak menandatangani Haaland sekarang, mereka tidak akan pernah melakukannya."

3 dari 4 halaman

Tak Tutup Kemungkinan Pindah dari Man City

Dua tahun kemudian, Mbappe direkrut secara gratis dari Paris Saint-Germain ke Real, dan Haaland masih mencintai kehidupan di Manchester, tetapi apakah dia akan mempertimbangkan untuk pindah? Meskipun pemain Norwegia itu telah berkomitmen pada Etihad hingga tahun 2027, ia belum mengesampingkan perpindahan ke tempat lain di masa depan.

Kembali pada bulan Mei tahun ini, Haaland berkata, "Saya benar-benar senang, terutama dengan orang-orang yang saya dikelilingi dengan manajer, direktur, dewan, mereka adalah sekelompok orang yang luar biasa dan saya benar-benar senang, saya harus mengatakan."

"Jika saya mengatakan ini sekarang mungkin akan menjadi berita utama besar-besaran, besok Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi saya senang. Anda dapat menulis ini tetapi Anda juga harus menulis semua yang saya katakan sebelumnya! Saya senang."

Sumber: Daily Mail

4 dari 4 halaman

Posisi Man City di Liga Inggris 2024/2025

Berita Terkait