Media Korea Selatan Sampai Heran Pemain Diaspora Timnas Indonesia di Belanda Ada Terus, Prosesnya Kilat Pula

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 19 Sep 2024, 06:15 WIB
Timnas Indonesia - Eliano Reijnders dan Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Maraknya pemain keturunan Belanda yang bergabung dengan Timnas Indonesia menjadi sorotan media Korea Selatan. Menurut MKSports, Timnas Indonesia selalu punya kejutan di FIFA Matchday.

Media tersebut bahkan menyebut pemain keturunan Indonesia di Belanda tidak ada habisnya lantaran ikatan sejarah.

Advertisement

"Indonesia menambah lagi pemain yang berdarah Belanda, kali ini Mees Hilgers, pemain FC Twente dan pernah membela Belanda U-21. Masih ada beberapa pemain lain yang dikabarkan gabung dengan skuad Shin Tae-yong," tulis MK.

MKSports lalu mengulas profil singkat Mees Hilgers dan menyebut pemain berdarah Manado itu akan menjadi kekuatan baru di lini belakang Timnas Indonesia.

"Progres Indonesia sangat bagus, Shin Tae-yong membawa Indonesia naik 40 peringkat dari No. 173 di peringkat dunia pada Januari 2020."

2 dari 4 halaman

Proses Naturalisasi Cepat

Eliano Reijnders (kanan) berhadapan dengan Mees Hilgers dalam laga Eredivisie 2024/2025, Sabtu (14/9/2024). (Instagram/eliano.r)

MK Sports juga menggarisbawahi kecepatan proses naturalisasi di Timnas Indonesia, terutama mengumpulkan dokumen para orang tua atau kakek/nenek si pemain yang berada di Belanda.

Bahkan untuk Eliano dan Mees, pemerintah Indonesia memberikan kemudahan dengan menggelar pengambilan sumpah di KBRI Den Haag lantaran kesibukan mereka.

Pengambilan sumpah kedua pemain tersebut dilakukan di KBRI Den Haag pada Senin (23/9/2024). Pasalnya, jadwal mereka padat, terutama Mees yang harus bertanding di Liga Europa, sehingga tidak memungkinkan untuk ke Indonesia.

Sementara itu, batas waktu pendaftaran pemain untuk pertandingan Timnas Indonesia versus Bahrain ialah 24 September. Itu berarti, PSSI hanya punya waktu kurang dari sepekan untuk menuntaskan semuanya sampai terbit paspor dan kartu identitas. 

3 dari 4 halaman

Dukungan Pemerintah

Aksi Mees Hilgers bersama FC Twente. (Instagram/meeshilgerss)

Menkumham RI, Supratman Andi Agtas, memberangkatkan Dirjen AHU, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar, ke Belanda untuk memfinalisasi naturalisasi Hilgers dan Eliano.

"Berhubung karena dua calon WNI yang akan bergabung dengan Timnas Indonesia masih ada di Belanda, maka langkah tercepat yang bisa diambil adalah memberangkatkan Dirjen AHU," imbuh Supratman.

"Untuk pengambilan sumpah Hilgers dan Eliano sebagai WNI di KBRI Belanda," tutur pria berusia 54 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Mees Kibarkan Bendera Indonesia

Berita Terkait