7 Tim Eropa yang Telah Memecat Pelatihnya: Terbaru AS Roma Tendang Sang Legenda

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 19 Sep 2024, 09:30 WIB
AS Roma kalah memalukan dari tim tamu Empoli. Pasukan Daniele De Rossi menyerah dengan skor 1-2 di hadapan pendukung sendiri, bahkan sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu. (AFP/Alberto Pizzoli)

Bola.com, Jakarta - Kompetisi liga musim 2024/2025 baru melalui satu jeda internasional, yang artinya belum ada 10 pertandingan terlewati, namun beberapa klub sepak bola sudah berpisah dengan manajer mereka. Terbaru, AS Roma mendepak legenda hidupnya, Daniele de Rossi.

Setelah musim panas yang penuh sesak penuh dengan persiapan pra-musim dan bursa transfer untuk mencoba dan meningkatkan skuad, setiap suporter pastinya mengharapkan hasil manis pada awal liga.

Advertisement

Bukan hanya suporter yang menjadi 'hakim lepas', manajemen klub pun menjadi pihak yang paling menentukan nasib seorang pelatih atau manajer. Hasil buruk pada awal musim memaksa evaluasi cepat, yang tak jarang berujung pada pemecatan.

Berikut ini Bola.com merangkum beberapa klub di liga-liga Eropa yang telah memecat pelatihnya, disadur dari Givemesport.

2 dari 5 halaman

AS Roma - Daniele de Rossi

Pelatih AS Roma Daniele De Rossi. (Isabella BONOTTO / AFP)

AS Roma secara tiba-tiba mengumumkan pemecatan pelatih mereka, De Rossi, pada Rabu sore WIB (18/9/2024).

Kendati Giallorossi masih belum meraih kemenangan setelah empat pertandingan Serie A, keputusan tersebut tetap mengejutkan karena De Rossi baru saja diperpanjang kontraknya hingga 2027 pada Juni lalu, setelah enam bulan menduduki kursi pelatih AS Roma.

Mantan gelandang ini dipekerjakan pada Januari 2024 untuk menggantikan Jose Mourinho yang dipecat, dan sejak saat itu telah memimpin 26 pertandingan di Serie A dan Liga Europa, meraih 13 kemenangan dan enam kekalahan.

De Rossi diberhentikan dari tugasnya demi "kepentingan tim", demikian bunyi pernyataan resmi yang dipublikasikan di situs web mereka pada Rabu ini.

3 dari 5 halaman

Stoke City - Steven Schumacher

Sudah cukup rollercoaster untuk Stoke sejak mereka terdegradasi pada musim 2018/2019. Klub berjulukan The Potters itu menjajal enam manajer permanen sejak kembali di Championship.

Mereka sekarang dalam perburuan untuk ketujuh setelah memecat Steven Schumacher hanya lima pertandingan di musim ini dan baru mempekerjakannya pada Desember 2023.

4 dari 5 halaman

Blackpool - Neil Critchley

Manajer Liverpool U-23, Neil Critchley (kiri), dan manajer Aston Villa, Dean Smith, saat laga perempat final Piala Carabao di Villa Park, Rabu dini hari WIB (18/12/2019). (AFP/Paul Ellis)

Neil Critchley baru saja memulai musim keduanya sebagai pelatih Blackpool ketika dia dipecat setelah melalui tiga pertandingan pada musim ini, setelah kalah dua kali di League One tetapi menang di putaran pertama Piala EFL.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah keputusan Blackpool untuk menggantikan Critchley dengan Steve Bruce. Pada tahun 2024.

5 dari 5 halaman

4 Manajer Lainnya

  • Preston North End - Ryan Lowe
  • AFC Fylde - Chris Beech
  • Ebbsfleet United - Danny Searle
  • Troyes - David Guion

Berita Terkait