Suporter Timnas Indonesia Berbondong-bondong Beri Dukungan, Mees Hilgers: Saya Merasa Sangat Bersyukur

oleh Rizki Hidayat diperbarui 19 Sep 2024, 11:45 WIB
Kolase - Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Mees Hilgers mendapat banyak dukungan dari suporter Timnas Indonesia di dunia maya. Pemain berusia 23 tahun itu pun merasa bersyukur atas dukungan yang diberikan fans kepadanya.

Mees Hilgers bersama Eliano Reijnders akan segera diambil sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Rencananya, proses pengambilan sumpah kedua pemain tersebut bakal berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, pada Senin (23/9/2024).

Advertisement

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas, menyatakan pengambilan sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di KBRI Belanda tidak melanggar aturan. Supratman mengatakan KBRI di luar negeri masuk ke dalam wilayah kedaulatan Indonesia.

"Tidak ada masalah. Sebab, KBRI itu wilayah kedaulatan Indonesia. Semua kantor kedutaan apapun, saya rasa itu sudah menjadi pengetahuan umum. Jadi tidak masalah," jelas Supratman di Kantor Kemenkumhan, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/9/2024)

 

2 dari 4 halaman

Demi Bela Timnas Indonesia

Timnas Indonesia - Eliano Reijnders dan Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Dikebutnya proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders demi bisa membela Timnas Indonesia, pada laga lanjutan putran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Keduanya sudah harus menjadi WNI paling lambat pada 24 September 2024, batas terakhir pendaftaran pemain untuk dua partai Grup C.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menantang Bahrain pada 10 Oktober 2024. Lima hari berselang, tim berjulukan Garuda itu bakal bertandang ke China.

"Kami mengejar target untuk dua pertandingan Timnas Indonesia yang akan datang, yang berlangsung di Bahrain dan China," ucap Supratman.

 

3 dari 4 halaman

Merasa Bersyukur

Aksi Mees Hilgers bersama FC Twente. (Instagram/meeshilgerss)

Meski belum resmi menjadi WNI, Mees Hilgers mengaku sudah mendapat banyak dukungan dari fans Timnas Indonesia. Dukungan itu pun terlihat dari jumlah pengikut Instagram Mess yang kini menembus angka 817 ribu lebih akun.

"Ya, saya tidak bisa menggambarkan betapa bangganya dan bahagianya mereka dan betapa hormatnya orang-orang dari Asia dan Indonesia," ujar Mees Hilgers di chanel YouTube VoetbalPrimeur.

"Dan sangat bersyukur orang-orang seperti saya, dan juga pemain Belanda lainnya akan bermain untuk Timnas Indonesia Indonesia," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Ingin Belajar Bahasa Indonesia

Empat pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Eropa telah diajukan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi agar bisa membela Timnas Garuda. Dari keempatnya, Mees Hilgers berpeluang paling cepat, karena sama sekali belum pernah berseragam Timnas negara lain. (twitter@fctwente)

Mees Hilgers mengakui Bahasa Indonesia-nya masih belum bagus. Meski begitu, dia menyebut ingin belajar Bahasa Indonesia, demi bisa semakin mempermudah untuk berkomunikasi.

"Bahasa Indonesia saya tidak begitu bagus, bahkan tidak bagus sama sekali. Saat ini kami juga memiliki seorang penerjemah di Timnas Indonesia yang bisa menggunakan bahasa Inggris."

"Jadi saat ini bahasa Inggris yang akan saya gunakan di sana, tetapi kami sedang mengatur untuk mengambil pelajaran Bahasa Indonesia di sana ketika kami membela Timnas Indonesia," ucap Mees.

Berita Terkait