Media Belanda Bocorkan Eks Pemain Ajax Amsterdam Selangkah Lagi Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas Indonesia

oleh Radifa Arsa diperbarui 19 Sep 2024, 14:15 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi Logo TimnasDay (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Program naturalisasi pemain keturunan yang belakangan ini gencar dilakukan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia, mendapatkan perhatian dari media-media Belanda.

Teranyar, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjadi dua nama yang segera merampungkan proses naturalisasinya. Keduanya bakal segera menjalani sumpah kewarganegaraan RI sebelum memperkuat Timnas Indonesia.

Advertisement

Setelah dua nama ini, ada satu sosok pemain lainnya yang disebut-sebut akan segera menjalani proses yang sama. Hal ini dibocorkan sejumlah narasumber dalam siniar media asal Belanda, Voetbal Primeur.

“Semakin banyak pesepak bola terkenal yang akan memilih karier internasional dengan Timnas Indonesia. Di acara #DoneDeal, siniar transfer Voetbal Primeur, beberapa di antaranya turut disorot,” tulis Voetbal Primeur.

 

2 dari 3 halaman

Eks Gelandang Ajax

Gelandang Crystal Palace keturunan Indonesia, Jairo Riedewald. (AP/Mike Hewitt).

Pemimpin Redaksi Voetbal Primeur, Dennie van Laar, yang menjadi satu di antara narasumber dalam siniar itu memunculkan satu nama pemain kelahiran Belanda yang disebut-sebut segera menjalani proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Sosok yang dimaksud ialah mantan gelandang Ajax Amsterdam, Jairo Riedewald. Dennie menjelaskan, gelandang yang saat ini berkarier di Liga Belgia bersama Royal Antwerp itu semakin dekat menjadi WNI.

“Saya mengetahui bahwa Jairo Riedewald yang kini bermain bersama Royal Antwerp juga sedang dalam proses naturalisasi,” kata Dennie van Laar dalam siniar tersebut.

“Mereka benar-benar mengusahakannya. Ia menjadi semakin positif tentang hal itu, dan saya pikir itu akan segera terjadi,” tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Lempar Kode

Gelandang Newcastle United, Isaac Hayden dan gelandang Crystal Palace, Jairo Riedewald bersaing memperebutkan bola dalam pekan ke-22 Liga Inggris di St. James Park, Rabu (3/2/2021) dini hari WIB. Newcastle dikalahkan oleh Crystal Palace dengan skor 1-2. (AP Photo/Scott Heppell/Pool)

Meningkatnya antusiasme publik terhadap sosok Jairo Riedewald tak terlepas dari kode yang dilemparkan. Melalui akun Instagram pribadinya @jriedewald, pemain berusia 26 tahun itu memasang bendera Merah Putih dalam kolom biografinya, akhir Agustus lalu.

Ini tentu menimbulkan spekulasi di kalangan pendukung Timnas Indonesia yang menduga Jairo berniat menjadi WNI. Namun, belum diketahui apakah pemain kelahiran 9 September 1996 itu eligible untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Dia sudah pernah tiga kali memperkuat Timnas Belanda pada medio 2015. Ketika itu, Jairo mendapatkan kesempatan bermain saat Belanda menghadapi Turki (0-3), Kazakhstan (2-1), dan Republik Ceska (2-3), pada ajang Kualifikasi Euro 2016.

Berita Terkait