Erick Thohir Respons Mees Hilgers Bentangkan Bendera Indonesia di Stadion Belanda: Itulah Nasionalisme

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 19 Sep 2024, 14:35 WIB
Empat pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Eropa telah diajukan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi agar bisa membela Timnas Garuda. Dari keempatnya, Mees Hilgers berpeluang paling cepat, karena sama sekali belum pernah berseragam Timnas negara lain. (twitter@fctwente)

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, merespons aksi calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers, yang membentangkan bendera Merah Putih di stadion Belanda.

Erick Thohir baru melakukan pertemuan dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas, untuk membahas naturalisasi Mees Hilgers bersama Eliano Reijnders di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta Selatan, pada Kamis (19/9/2024).

Advertisement

"Ada suatu video pada hari ini baru terlihat ketika Mees Hilgers bermain dengan klubnya, tiba-tiba ada yang membawa bendera Merah Putih," ujar Erick Thohir.

"Lalu, Mees Hilgers ambil bendera Merah Putih dan dia berfoto. Itulah nasionalisme. Kita tidak bisa melihat nasionalisme itu karena posisi-posisi yang hanya menjadi suatu kontroversi," jelasnya.

 

2 dari 4 halaman

Berfoto dengan Bendera Merah Putih

Bermain sebagai starter selama 90 menit, Mees Hilgers membawa FC Twente mengalahkan SC Heerenveen 2-0 dalam pekan ketiga Eredivisie 2024/2025 di De Grolsch Veste, Enschede, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB.

Dalam video yang beredar di media sosial, Mees Hilgers terlihat berlari ke tribune belakang gawang De Grolsch Veste untuk meminta bendera Merah Putih yang dibawa penonton.

Calon bek naturalisasi Timnas Indonesia itu mengambil bendera Indonesia dan didokumentasikan oleh dua fotografer di pinggir lapangan, yang fotonya beredar luas di dunia maya.

 

3 dari 4 halaman

Ibu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Berdarah Indonesia

Timnas Indonesia - Eliano Reijnders dan Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara itu, Erick Thohir menjelaskan garis keturunan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Pria yang juga Menteri BUMN RI ini meminta nasionalisme keduanya untuk tidak diragukan lagi.

"Mengenai naturalisasi Mees Hilgers, ibunya orang Manado, Sulawesi Utara. Eliano Reijnders, ibunya orang Maluku," ucap Erick Thohir.

"Bahkan, ibunya Mees Hilgers masih sering pulang ke Manado untuk melihat yayasan tunanetra yang dibina. Jadi, mereka sangat Indonesia. Jangan pernah mempertanyakan Merah Putih mereka," imbuh Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait