Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20, Kondisi Timnas Indonesia U-20 90 Persen, Fokus Maintenance Fisik

oleh Alit Binawan diperbarui 19 Sep 2024, 16:45 WIB
Timnas Indonesia U-20 - Kadek Arel, Dony Tri Pamungkas, Arlyansyah Abdulmanan, Riski Afrisal (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Denpasar - Sudah hampir sepekan Timnas Indonesia U-20 menjalani sesi pemusatan latihan di Bali United Training Center.

Ini menjadi bagian persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Indonesia menjadi tuan rumah grup F yang dihuni Yaman, Timor Leste, dan Maladewa.

Advertisement

Dipilihnya Bali United Training Center sebagai lokasi pemusatan latihan karena Berbagai fasilitas penunjang yang memadai. Hal ini diungkapkan oleh pelatih Timnas U-20 Indra Sjafri seperti dikutip dari laman resmi kitagaruda.

“Ya, Alhamdulillah kita sudah melakukan latihan di training center Bali United, fasilitasnya sangat baik sekali sehingga program yang kita rencanakan berjalan dengan baik. Sejalan dengan itu, kondisi para pemain sudah sampai titik yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Tentu indikatornya setelah kita melakukan test, mereka saat ini lebih baik,” bebernya.

Jumat (20/9/2024) menjadi waktu paling lambat untuk Indra Sjafri mengumumkan 23 pemain yang akan masuk ke skuad Timnas Indonesia U-20 untuk kualifikasi Piala Asia U-20.

2 dari 4 halaman

Adaptasi Lancar

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol penyeimbang 1-1 ke gawang Argentina U-19 yang dicetak Kadek Arel (kanan) pada laga pertama Turnamen Seoul Earth on Us Cup 2024 di Stadion Mokdong, Seoul, Korea Selatan, Rabu (28/8/2024). (Dok. PSSI)

Bek Timnas Indonesia U-20, I Kadek Arel Priyatna yang diwawancarai bola.com pada Kamis (19/9/2024) menjelaskan bahwa ia cukup senang bisa berlatih bersama Timnas U-20 di Bali United Training Center.

Ia mengaku tidak ada masalah berlatih dan beradaptasi dengan skuad. Apalagi ia dan 29 pemain lainnya berlatih di Bali United Training Center.

"Pastinya saya sudah biasa latihan di sini dan tidak perlu lagi beradaptasi dengan kondisi lapangan atau cuaca. Saya justru bisa lebih siap Dari sebelumnya untuk memberikan yang terbaik untuk negara ini," tegas Arel.

3 dari 4 halaman

90 Persen

Terkait persiapan, sudah memasuki tahapan 90 persen. Fokus utama adalah maintenance kondisi fisik untuk kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Menurut bek Bali United tersebut, kondisi fisik prima perlu karena jadwal padat saat kualifikasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Saat kualifikasi nanti, kami hanya punya waktu istirahat satu hari sebelum memasuki pertandingan berikutnya. Itu sebabnya kami perlu kondisi fisik yang sangat siap untuk pertandingan di grup F nanti," bebernya.

Ia pun siap dan akan tampil all out di kualifikasi Piala Asia U-20. Tiga Tim tersebut dianggapnya menjadi lawan yang perlu diwaspadai. Apalagi target pribadi Kadek Arel adalah ingin bermain di putaran final Piala Asia U-20.

4 dari 4 halaman

Dukungan Suporter

Dukungan suporter di GBK sangat diinginkan oleh Kadek Arel sebagai pelecut semangat para pemain untuk bisa lolos ke Piala Asia U-20.

"Saya pribadi sudah sangat siap untuk kualifikasi ini. Kami sekarang akan bermain di GBK. Seluruh anak Indonesia pasti ingin bermain disana," bebernya.

"Saya berharap besar, suporter bisa hadir mendukung di stadion karena kami tidak bisa apa-apa tanpa kehadiran suporter," tutup Kadek Arel.

Rencananya, pemusatan latihan Timnas U-20 di Bali United Training Center akan berakhir pada Sabtu (21/9/2024) dan langsung bertolak ke Jakarta untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan.

Berita Terkait