Cara Timnas Homeless Indonesia Bentuk Pemain untuk Piala Dunia 2024: Dididik sebagai Atlet, Berikan Motivasi, hingga Diwawancara

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 19 Sep 2024, 19:15 WIB
Timnas Homeless Indonesia. (Bola.com/Dok.Kemenpora).

Bola.com, Jakarta - Timnas Homeless Indonesia akan kembali membawa nama Merah Putih di Piala Dunia Homeless atau Homeless World Cup. Armada Aulia Rahman itu membagikan persiapannya.

Timnas Homeless Indonesia bakal bermain dalam Homeless World Cup 2024 di Korea Selatan pada 21-28 September 2024. Sebelum itu, para pemain dilepas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Advertisement

Satu per satu pemain mencium bendera Indonesia di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/9/2024). Namun, persiapan Timnas Homeless Indonesia tidak berlangsung mulus.

Kami tahu memang tidak mudah. Tapi dengan kerja keras yang sudah kami lakukan di lapangan dan segala macam rintangan, kami tetap optimistis," ujar pelatih Timnas Homeless Indonesia, Aulia Rahman.

2 dari 5 halaman

Update Persiapan

Tim Homeless Indonesia 2024. Sumber: Instagram @rumah_cemara

"Kalau kekuatan lawan, kami agak buta sebenarnya. Kalau bicara negara mana yang harus diwasdapai, Homeless World Cup itu materi pemainnya pasti berubah," jelas Aulia Rahman.

"Karena pemain itu cuma cuma boleh sekali mengikuti Homeless World Cup dalam seumur hidupnya. Tentu hal ini membuat materi pemain berubah setiap tahunnya," ungkap Aulia Rahman.

Aulia Rahman menceritakan bagaimana ia membentuk Timnas Homeless Indonesia. Para pemain, yang notabene bukan atlet, dibentuknya sebagai pesepak bola yang berjuang dengan panji-panji Merah Putih.

3 dari 5 halaman

Kerja Keras

"Saya membentuk tim ini berdasarkan kerja keras, bukan hanya soal teknik di lapangan. Kami juga adakan sesi interview untuk mengetahui motivasi," imbuh Aulia Rahman.

"Keinginan para pemain karena mereka bukan 100 persen atlet dan sekarang harus dibentuk sebagai atlet."

"Jadi untuk mewakili negara tentu saja kita pasti punya harapan dan prestasi. Itu tugas saya dan staf untuk mendorong mereka bagaimana bisa membuat orang di sekitar bangga," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Dukungan Kemenpora

Timnas Homeless Indonesia mulai berpartisipasi di Homeless World Cup sejak 2011 melalui Rumah Cemara sebagai national organizer. Mereka rutin bersaing dengan puluhan negara lainnya.

"Yang pasti kami dari pemerintah selalu mendukung untuk keberangkatan Timnas Homeless Indonesia mencapai prestasi lebih baik lagi dari tahun lalu di Amerika Serikat. Kami doakan semua bisa berangkat dengan sehat dan kembali juga dengan sehat," kata Staf Khusus Menpora Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga, Ardima Rama Putra.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Homeless Indonesia

1. Muhammad Nur Ilyasa (24 Tahun) - Kiper

2. Muhammad Ramdhan (21 Tahun) - Kiper

3. Adis Fikri (26 Tahun)

4. Algin Mawani (20 Tahun)

5. Bagus Abdul Hadzi (21 Tahun)

6. Ery Dwiantono Riyadi (25 Tahun)

7. Oka Oktavian (30 Tahun)

8. Willy Nurcahya (24 Tahun)