Bintang Timnas Jepang Terancam Dibuang Arsenal, Berpeluang Susul Jay Idzes Balik ke Serie A

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 20 Sep 2024, 05:15 WIB
Bek kanan Timnas Jepang milik Arsenal, Takehiro Tomiyasu yang baru saja sembuh dari cedera akan menjadi andalan di lini belakang Samurai Biru. Bersama Timnas Jepang ia telah mengoleksi 37 caps dengan torehan 1 gol dan 2 assist. Piala Asia 2023 Qatar menjadi Piala Asia edisi kedua yang diikutinya setelah sebelumnya ia juga tampil pada ajang Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta Arsenal dikabarkan terbuka untuk menjual salah satu pemain cadangan mereka demi mendapatkan dana.

The Gunners menjalani bursa transfer musim panas yang sibuk, yang melibatkan pembelian pemain berbakat dan penjualan pemain lokal.

Advertisement

Dengan pemain Italia, Riccardo Calafiori sebagai salah satu pemain baru, situasi Takehiro Tomiyasu di klub menjadi rumit.

Bek tersebut tidak selalu menjadi pilihan utama dan kini akan kehilangan kesempatan bermain, karena Calafiori dapat bermain sebagai bek kiri, yang sebelumnya diisi Tomiyasu pada musim lalu.

Menurut The Mail, Arsenal terbuka untuk menjual pemain internasional Jepang tersebut jika ia meminta untuk hengkang.

Kesepakatan itu harus tepat bagi klub, Inter Milan dikatakan sangat tertarik.

2 dari 4 halaman

Padahal Oke

Arsenal kabarnya memasukkan nama Takehiro Tomiyasu ke daftar pinjaman klub pada bursa transfer musim dingin Januari 2024. (AFP/Paul Ellis)

Seorang bek sayap serba bisa mampu bermain di lini tengah pertahanan. Bintang Jepang tersebut diboyong dari klub Serie A Bologna di tengah spekulasi yang mengaitkannya dengan kepindahan ke Tottenham Hotspur. Dia dengan cepat mulai memantapkan diri sebagai bek sayap kanan yang dapat diandalkan.

Cedera Tomiyasu saat melawan Sporting CP di Liga Europa - bisa dibilang menjadi dua faktor terbesar penyebab kegagalan The Gunners meraih gelar di musim 2022/2023. Mikel Arteta juga kerap memujinya. 

Membantu memimpin Arsenal meraih gelar Liga Inggris atau bahkan Liga Champions di musim 2023/2024 akan sangat membantu mengamankan statusnya sebagai salah satu pemain Asia terhebat sepanjang masa di sepak bola Inggris.

3 dari 4 halaman

Faktor Calafiori

Arsenal berhasil memenangkan perburuan Riccardo Calafiori pada bursa transfer musim panas ini. Calafiori menjadi bintang Italia di Euro 2024. Namun, masih belum jelas apakah pemain berusia 22 tahun itu akan langsung menjadi starter reguler di tim asuhan Mikel Arteta. (FOTO: instagram.com/richycala/)

Kegagalan memenangkan Premier League musim lalu membuat pelatih Arsenal, Mikel Arteta, berpikir keras agar kejadian yang sama tak terulang lagi di musim 2024/2025.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memperkuat lini belakang dan The Gunners dikabarkan tengah merampungkan transfer bek andalan Gologna yang masih berusia 22 tahun, Riccardo Calafiori.

The Gunners telah menyetujui kesepakatan dengan Bologna sebesar 34 juta pounds plus bonus. Bersama The Gunners, bek berkebangsaan Italia menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dan diharapkan sudah bergabung dengan skuad Arsenal yang tengah menjalani tur pramusim di Amerika Serikat.

Kedatangan Riccardo Calafiori pastinya membuat perubahan di komposisi lini belakang Arsenal yang selama ini diperkuat delapan pemain bertahan.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Berita Terkait