3 Pemain yang Terancam di Starting XI Timnas Indonesia Setelah Kedatangan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders: Semangat Bersaing Sehat!

oleh Choki Sihotang diperbarui 20 Sep 2024, 09:00 WIB
Timnas Indonesia - Update Starting XI Timnas Indonesia (3-4-3) (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia terus manambah amunisi jelang bergulirnya lanjutan laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam waktu dekat, Skuad Garuda bakal bentrok kontra Bahrain dan China.

Laga melawan Bahrain berlangsung pada 10 Oktober dan lima hari kemudian versus China. Jelas bukan laga enteng, mengingat pasukan Shin Tae-yong akan bertindak sebagai tamu di kedua negara tersebut.

Advertisement

Jay Idzes dan kawan-kawan tengah percaya diri tinggi, menyusul dua hasil positif pada laga sebelumnya. Usai mempermalukan Arab Saudi 1-1 di kandangnya, terkini Indonesia juga memaksa tim kuat Australia bermain imbang tanpa gol.

Pada duel selanjutnya, starting XI Indonesia kemungkinan besar kembali berubah. Soalnya, dua darah segar bakal segera merapat. Keduanya adalah Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

Jika tak ada aral melintang, keduanya akan segera dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan untuk selanjutnya diserahkan kepada Shin Tae-yong.

Eliano Reijnders, 23 tahu, saat ini tercatat sebagai pemain PEC Zwolle, tim yang bermain di kasta tertinggi Belanda, Eredivisie.

Adik bintang Timnas Belanda dan AC Milan, Tijjani Reijnders, ini sosok pemain serba bisa. Setidaknya, ia bisa bermain di sembilan posisi. Hanya saja, kelahiran 23 Oktober 2000 lebih sering beroperasi di lini tengah sebagai gelandang gempur dan sedikit melebar sebagai winger.

Mees Hilgers tak kalah berkelas. Seumuran dengan Eliano Reijnders, Mees Hilgers juga pemain muda sarat talenta yang beraksi Eredivisie musim ini bersama Twente.

Si jangkung tak banyak bicara ini dipercaya sebagai bek tengah dan sejak naik pangkat ke tim senior pada 202o sudah hadir dalam 101 duel bareng Si Merah, juluka Twente.

Seperti disinggung di atas, baik Eliano Reijnders maupun Mees Hilgers sangat berpeluang langsung dimainkan sebagai starter. Itu berarti, sejumlah pemain bakal terdepak dari starting XI Timnas Indonesia.

Siapa saja yang akan tergusur, berikut ulasan tipis-tipisnya:

2 dari 4 halaman

Justin Hubner

Egy Maulana Vikri (kanan) merayakan gol bersama Justin Hubner saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Siapa yang berani membantah ketangguhan Justin Hubner? Tak ada. Anak muda 21 tahun ini tipikal bek petarung dengan keterampilan lengkap. Tak hanya piawai mematikan pergerakan lawan, pemain Wolverhampton Wanderers itu juga tipikal bek bernyali tanpa kompromi.

Ciri khas lainnya, si tak banyak bicara ini juga dikenal keras lewat tebasan serta tekelnya yang membuat penyerang lawan ketakutan. Dalam situasi tertentu misalnya, pemuja setia Sergio Ramos lebih memilih mendapat kartu kuning daripada wilayahnya direbut.

Sukses Indonesia melaju ke putaran ketiga kualifikasi tak lepas dari kontribusi Justin Hubner dan oleh karena itulah fans sangat mengidolakan si tukang jagal berdarah dingin ini.

Tapi, kehadiran Mees Hilgers membuat posisi Justin Hubner di starting XI terancam. Jika Shin Tae-yong menerapkan formasi 3-2-4-1, Mees Hilgers lebih berpeluang mengisi posisi bek kiri. Ia akan bekerjasama dengan Jay Idzes di tengah serta Rizky Rido di kanan.

Mees Hilgers kaya pengalaman di level atas. Bek 23 tahun ini menjadi andalan Twente di ajang Eredivisie 2024/2025.

3 dari 4 halaman

Marselino Ferdinan

Hasil fantastis ditorehkan Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024. Berstatus tim debutan, Garuda Muda sukses melaju ke perempatfinal setelah pada laga pamungkas Grup A di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) menghancurkan Yordania U-23 dengan kemenangan 4-1. Empat gol kemenangan anak asuh Shin Tae-yong dicetak oleh Marselino Ferdinan (23' dan 70'), Witan Sulaeman (40) dan Komang Teguh (86'). Satu-satunya gol Yordania U-23 tercipta akibat gol bunuh diri Justin Hubner (79'). (AFP/Karim Jaafar)

Sejauh ini, Shin Tae-yong belum juga mendapatkan sosok striker yang ia inginkan. Tak heran, tombak Timnas Indonesia terus mengalami perubahan.

Rafael Struick, yang dalam beberapa laga berberan sebagai gelandang serang, belakangan malah diplot sebagai mesin gol. Ia didukung dua penyerang lainnya, Ragnar Oratmangoen dan Marselino Ferdinan.

Hanya saja, dalam dua laga kontra Arab Saudi dan Australia, Rafael Struick tak berkutik. Jagoan 21 tahun itu masih kesulitan mendekati kotak penalti lawan. Ketatnya barisan pertahanal lawan membuat Rafael Struick tak bisa berbuat banyak.

Nah, pada dua laga nanti, posisi Marselino Ferdinan di lini kanan serangan akan dipercayakan kepada Eliano Reijnders.

Masuknya Eliano Reijnders pastinya membuat gempuran Indonesia semakin menyeramkan, mengingat Eliano Reijnders punya kecepatan dan akurasi umpan yang mengagumkan. Dengan demikian, Rafael Struick bakal mendapat lebih banyak assist guna menjebol gawang lawan.

 

4 dari 4 halaman

Ivar Jenner

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner dengan menghampiri para suporter setelah mencetak gol ke gawang Irak U-23 pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Boleh percaya boleh tidak, pemain lainnya yang juga terancam terdepak dari daftar starter adalah Ivar Jenner. Saat menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta beberapa waktu lalu, Ivar Jenner terlihat kepayahan mengemban tugas sebagai gelandang serang sekaligus gelandang bertahan.

Ivar Jenner kemudian ditarik keluar pada menit ke-70. Thom Haye, yang selama ini jadi motor serangan, masuk menggantikan Ivar Jenner.

Tak sedikit yang menyayangkan, mengapa Thom Haye masuk dari bangku cadangan. Akibatnya, serangan dari lini tengah minim kreativitas.

Bercermin dari laga kontra Australia, Shin Tae-yong bakal menduetkan Thom Haye dengan Eliano Reijnders. Kedua pemain ini sama-sama punya naluri menyerang dan bertahan sama baiknya.

Selain itu, Thom Haye dengan Eliano Reijnders juga sangat tenang, tak terburu-buru, serta berani melepaskan tembakan dari kotak penalti.

Betapa mengerikannya lini tengah Indonesia jika keduanya bersatu. Bisa dipastikan, Bahrain dan China bakal jadi santapan empuk.

Berita Terkait