Performa Pemain Asing Persib Vs Port FC: Asnawi Mangkualam Istimewa, Pantas Disanjung Fans Thailand

oleh Radifa Arsa diperbarui 19 Sep 2024, 21:36 WIB
Pemain Persib Bandung, Beckham Putra (kiri) berebut bola dengan bek sayap Port FC, Asnawi Mangkualam, pada laga Liga Champions Asia 2 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Soreang, Jawa Bawat, Kamis (19/9/2024) malam WIB. (Bola.com/Dok. Persib)

Bola.com, Bandung - Sejumlah pemain asing yang diturunkan Persib Bandung dan Port FC menampilkan performa yang apik saat keduanya berjumpa pada pertandingan pertama Grup F AFC Champions League Two (ACLT) 2024/2025.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (19/9/2024) malam WIB ini, Persib Bandung harus menanggung malu karena digebuk Port FC dengan skor tipis 0-1.

Advertisement

Setelah bermain imbang sepanjang laga, Maung Bandung akhirnya harus kecolongan lewat gol telat Willen Mota yang memanfaatkan umpan silang Kevin Deeromram, tepatnya saat laga menginjak menit ke-89.

Setidaknya, ada beberapa pemain asing yang mencuri perhatian pada pertandingan ini. Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang tampil penuh selama 2x45 menit, turut mengukir rating yang mentereng.

2 dari 4 halaman

Performa Amunisi Persib

Kevin Ray Mendoza, kiper berdarah Denmark dan Filipina kini resmi membela Persib Bandung (X/Persib)

Berdasarkan data yang disajikan situs Sofascore.com, satu-satunya pemain asing Persib Bandung yang mengukir rating di atas angka tujuh ialah sang penjaga gawang, yakni Kevin Ray Mendoza. Kiper asal Filipina ini mencatatkan angka 7.2.

Sebetulnya, performa Kevin cukup apik sebelum kebobolan gol menjelang laga berakhir. Sebab, dia mampu menghasilkan dua penyelamatan. Namun, sayangnya Persib harus kecolongan pada menit-menit akhir.

Pemain asing lainnya yang sebetulnya tampil oke ialah NIck Kuipers. Ratingnya mencapai 6.9. Bek asal Belanda itu mengukir enam sapuan, dua tekel, dan bisa memenangi empat duel udara serta empat duel di darat.

Bojan Bodak memang minim menurunkan pemain asing. Hanya ada empat nama yang jadi starter. Selain Kevin Ray Mendoza, mereka adalah Nick Kuipers, Gustavo Franca, serta Mateo Kojican.

Adapun tiga nama lainnya, yakni Tyronne Del Pino, Ciro Alves, serta Mailson Lima, semuanya baru diturunkan oleh Bojan Hodak pada babak kedua.

3 dari 4 halaman

Asnawi Terbaik

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam masuk starting line up Port FC dalam laga pekan kedua Thai League 1 2024/2025. (Instagram/asnawi_bhr)

Menariknya, Asnawi Mangkualam menjadi pemain asing Port FC yang mampu mencatatkan rating tertinggi pada laga ini dengan 7.4. Dia mengalahkan Isaac Honny (7.3), Irfan Fandi (7.0), hingga sang pencetak gol, Willen Mota (7.3).

Capaian ini tak terlepas dari berbagai aksi impresif yang diukir Asnawi. Sepanjang laga, dia mengukir akurasi umpan yang tinggi. Tercatat ada 46 umpan sukses dari 50 percobaan. Artinya, persentase keberhasilannya mencapai 92%.

Pemain berusia 24 tahun itu juga menghasilkan dua umpan kunci. Tusukannya juga kerap berbahaya karena bisa melakukan tiga kali dribel sukses dari lima percobaan. Selain itu, ada satu sapuan, dua intersep, dan tiga tekel sepanjang laga.

 

4 dari 4 halaman

Lokal Port Ciamik

Meskipun menjadi pemain asing dengan rating tertinggi, Asnawi ternyata masih kalah dengan dua pemain lokal Port FC yang tampil ciamik, yakni Bordin Pala (7.8) dan Kevin Deeromram (8.0). Nama yang disebut terakhir menyabet Man of The Match laga ini.

Berita Terkait