Al Nassr Datangkan Stefano Pioli karena Pengaruh Cristiano Ronaldo

oleh Rizki Hidayat diperbarui 20 Sep 2024, 10:45 WIB
Bintang Al-Nassr Cristiano Ronaldo. (Fayez NURELDINE / AFP)

Bola.com, Jakarta - Al Nassr resmi mendatangkan Stefano Pioli sebagai pelatih anyar. Keputusan Al Nassr menggaet Pioli tak lepas dari pengaruh sang megabintang, Cristiano Ronaldo.

Klub tajir Arab Saudi tersebut telah resmi berganti nakhoda. Al Nassr sudah memecat Luis Castro dari kursi pelatih pada 17 September lalu.

Advertisement

Sebagai gantinya, mereka mendatangkan Stefno Pioli, Rabu (18/9/2024). Pelatih asal Italia itu sebelumnya menganggur pasca-didepak AC Milan pada musim panas tahun ini.

Castro didepak setelah performa Al Nassr di awal kompetisi Saudi Pro League tak maksimal. Dari tiga laga, Cristiano Ronaldo dkk. cuma menang sekali dan imbang dua kali.

 

 

2 dari 3 halaman

Peran Ronaldo Dalam Kedatangan Pioli

AC Milan mengumumkan pada hari Jumat bahwa Pioli akan pergi pada akhir musim setelah empat setengah tahun bertugas yang membawa klub kembali ke level atas sepakbola Italia dan Eropa. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Cristiano Ronaldo mungkin tidak secara langsung memengaruhi pergantian di kursi kepelatihan Al Nassr. Namun pengaruhnya sangat besar di klub.

Hal tersebut diakui CEO Al Nassr, Guido Fienga. Dia mengatakan Ronaldo lah yang menunjukkan jalan bagi Al Nassr untuk mencari pelatih barunya.

"Cristiano Ronaldo tidak mengendalikan klub, tetapi jelas, sebagai pemain nomor satu di dunia, dia memberi kami arahan tentang jalan yang harus kami tempuh dan tujuan apa yang harus kami capai," tutur Guido Fienga kepada Asharq Sports, via Goal.

"Dia seorang pemenang. Kami memintanya untuk mengajari kami cara menang dan tahun ini kami ingin menang bersamanya dan mencapai tujuan terbesar yang mungkin. Cristiano adalah bagian dari tim dan kami sangat senang dapat mengandalkannya," seru Guido.

3 dari 3 halaman

Alasan Al Nassr Pilih Pioli

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, tampak terdiam saat anak asuhnya ditaklukkan Torino pada pekan ke-37 Serie A di Stadion Olimpico Grande Torino, Minggu (19/5/2024). (Alberto Gandolfo/LaPresse via AP)

Guido Fienga kemudian membeberkan alasan lain kenapa Al Nassr memilih Stefano Pioli. Fienga mengatakan Pioli punya pengalaman yang bagus bersama AC Milan.

Skuad Milan yang dilatihnya saat itu diperkuat banyak anak muda. Saat ini, Al Nassr juga punya banyak pemain muda yang butuh bimbingan dari orang yang tepat.

"Keputusan untuk mengganti pelatih selalu sulit. Akan tetapi kami terus maju karena kami yakin bahwa itu adalah keputusan yang tepat saat ini," cetusnya.

"Hierro dan timnya mengusulkan Pioli karena kemampuannya untuk mengajar, meningkatkan, dan membangun tim, serta membantu pemain berkembang. Sekarang kami perlu menyelaraskan pengembangan beberapa pemain muda Saudi dengan pemain internasional yang kami miliki," tuturnya.

"Departemen teknis yakin bahwa Pioli adalah yang terbaik di pasar saat ini," terang Guido.

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya/Published: 20/9/2024)

Berita Terkait