Graham Arnold Mundur! 3 Pelatih di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ini Bisa Saja Bernasib Sama

oleh Hery Kurniawan diperbarui 20 Sep 2024, 11:30 WIB
Roberto Mancini (tengah), menjalani tugas perdananya sebagai pelatih Timnas Arab Saudi dalam laga uji coba melawan Timnas Kosta Rika yang berlangsung di St James Park, Inggris, Sabtu (9/9/2023) dini hari. Setelah melepas jabatan sebagai pelatih Timnas Italia, kini Mancini menjadi pelatih terkaya dengan nilai kontrak menembus 20 juta euro per tahun. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta Timnas Australia ditinggal mundur oleh sang pelatih. Ya, Graham Arnold mengumumkan tak lagi menukangi Skuad Socceroos, Jumat (20/9/2024) pagi WIB.

Start loyo yang dialami Timnas Australia di dua laga awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ditengarai menjadi penyebab mundurnya Graham Arnold.

Advertisement

Diketahui, Timnas Australia hanya meraih satu poin dari dua laga itu. Socceroos kalah 0-1 dari Timnas Bahrain dan hanya bermain imbang 0-0 saat melawan Timnas Indonesia.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, saya yakin inilah saatnya kepemimpinan baru untuk membimbing tim ke depan,” ujar Arnold.

Setelah Graham Arnold, sebenarnya paling tidak ada tiga pelatih yang terancam memiliki nasib serupa di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Siapa saja?

2 dari 4 halaman

Roberto Mancini (Arab Saudi)

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini (Instagram/saudint)

Melatih Timnas Arab Saudi ternyata bukan perkara mudah. Hal itu dialami langsung oleh legenda Italia, Roberto Mancini.

Posisinya di Timnas Arab Saudi belum benar-benar aman. Sebab, The Green Falcons hanya bisa meraih empat poin dari dua laga awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Penampilan Timnas Arab Saudi pun sangat biasa saja. Terutama saat mereka ditahan Timnas Indonesia 1-1 di Jeddah.

3 dari 4 halaman

Tintin Marquez (Qatar)

Pelatih Timnas Qatar, Tintin Marquez (AFP/Karim Jaafar)

Timnas Qatar mengawali langkah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan sangat buruk. Mereka hanya menuai satu poin dari dua laga.

Timnas Qatar kalah 1-3 di kandang sendiri dari Timnas Uni Emirat Arab. Almoez Ali dan kawan-kawan juga hanya bisa mengamankan skor 2-2 saat bertandang ke markas Timnas Korea Utara.

Posisi sang pelatih, Tintin Martinez pun terancam. Sangat mungkin sosok asal Spanyol itu akan didepak dari posisinya dalam waktu dekat.

4 dari 4 halaman

Branko Ivankovic (China)

Pelatih kepala China asal Kroasia, Branko Ivankovic, memimpin anak asuhnya pada Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 melawan Singapura di National Stadium di Singapura pada 21 Maret 2024. (Roslan RAHMAN / AFP)

Timnas China harus diakui menjadi penampil terburuk di dua laga awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka dua kali menelan kekalahan.

Selain itu, Timnas China juga harus kebobolan sembilan kali dalam dua laga itu. Sementara Wu Lei dan kawan-kawan hanya bisa mencetak satu gol sejauh ini.

Sorotan pun mengarah kepada Branko Ivankovic. Eks pelatih Dinamo Zagreb yang kini menukangi China itu pun sangat terancam.

Berita Terkait