Ragam Komentar Netizen Setelah Graham Arnold Mundur Sebagai Pelatih Timnas Australia: Korban Ke-7 King Indo

oleh Rizki Hidayat diperbarui 20 Sep 2024, 11:14 WIB
Gestur pelatih Timnas Australia, Graham Arnold lebih cair menjelang duel versus Timnas Indonesia alam matchday kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024) malam WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Graham Arnold resmi mengumumkan mundur sebagai pelatih Timnas Australia, Jumat (20/9/2024). Keputusan Arnold untuk melepas jabatan pelatih Socceroos tak lepas dari hasil imbang kontra Timnas Indonesia.

Pelatih berusia 61 tahun tersebut menyudahi enam tahun kebersamaannya dengan Timnas Australia. Padahal, Graham Arnold yang sukses membawa Australia melenggang hingga ke-16 besar Piala Dunia 2022 tersebut, masih terikat kontrak sampai 30 Juni 2026.

Advertisement

Ditinggal Arnold, Asosiasi Sepak Bola Australia harus mencari sosok pengganti ideal. Timnas Australia butuh pelatih antar karena masih akan menjalani laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026.

Rencananya, Socceroos akan bersua China di ANZ Stadium, Adelaide pada laga ketiga Grup C, 10 Oktober mendatang. Timnas Australia butuh kemenangan setelah dalam dua laga awal hanya memetik satu angka.

2 dari 8 halaman

Pasca-Duel Kontra Timnas Indonesia

Pelatih Australia, Graham Arnold, saat melawan Timnas Indonesia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Graham Arnold menyebut keputusannya untuk mundur dari jabatan pelatih Timnas Australia, tak lepas dari dua pertandingan pembuka putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada pertandingan pertama kontra Bahrain (5/9/2024) berakhir dengan kekalahan 0-1, adapun ketika bersua Timnas Indonesia (10/9/2024) harus puas bermain imbang 0-0.

"Setelah pertandingan melawan Indonesia, saya mengatakan akan mengambil keputusan," ujar Arnold di laman resmi Socceroos.

"Setelah melakukan refleksi mendalam, hati saya mengatakan inilah waktunya untuk perubahan, baik untuk diri saya sendiri maupun Timnas Australia," lanjutnya.

Keputusan Graham Arnold untuk mnudur dari jabatan kursi pelatih Timnas Australia mengundang reaksi beragam dari warganet. Berikut beberapa di antaranya.

 

3 dari 8 halaman

Gara-gara Lawan King Indo

4 dari 8 halaman

Lengah Langsung Dipecat

5 dari 8 halaman

Korban Ke-7 King Indo

6 dari 8 halaman

Banyak Juga yang Kena Pecat

7 dari 8 halaman

Suporter Australia Senang

8 dari 8 halaman

Saatnya Cari Pelatih yang Paham Taktik

Berita Terkait