Kepada Media Belanda, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Bicara Peluang Lolos Piala Dunia: 10 Tahun Lagi Bisa Nih

oleh Radifa Arsa diperbarui 20 Sep 2024, 13:45 WIB
Timnas Indonesia - Mauro Zijlstra (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Calon penyerang yang digadang-gadang bakal menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia, Mauro Zijlstra, angkat bicara soal peluang skuad Garuda menembus Piala Dunia.

Hal itu disampaikan Mauro Zijlstra ketika menjadi narasumber dalam sebuah siniar media Belanda, Voetbal Primeur. Dalam sesi bincang-bincang itu, striker berusia 19 tahun tersebut turut menyinggung kebangkitan sepak bola Indonesia.

Advertisement

Bahkan, dalam judulnya, Voetbal Primeur mengibaratkan Timnas Indonesia sebagai ‘sleeping giant’ atau raksasa yang tengah tertidur, dan berusaha untuk mewujudkan mimpi besarnya menuju Piala Dunia.

“Raksasa yang sedang tidur. Timnas Indonesia menggapai mimpi sepak bola: Ke Piala Dunia dalam 10 tahun,” bunyi judul pemberitaan Voetbal Primeur.

 

2 dari 4 halaman

10 Tahun Lagi

Pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Saat ini, Timnas Indonesia memang sudah melaju cukup jauh untuk mewujudkan impiannya tersebut. Menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi pencapaian baru skuad Merah Putih.

Namun, Mauro Zijlstra punya pandangan lain. Menurut pemain asal Volendam itu, merebut tiket lolos ke Piala Dunia 2026 memang tak mudah digapai. Namun, target ini bisa diwujudkan dalam 10 tahun ke depan.

“Piala Dunia 2026 mungkin datang terlalu cepat, tetapi Indonesia punya potensi untuk ikut Piala Dunia. Saya kira, hal itu bisa diwujudkan dalam 10 tahun ke depan,” ujar pemain yang memiliki darah keturunan Bandung itu.

 

3 dari 4 halaman

Masa Depan Cerah

Timnas Indonesia saat melawan Australia pada R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Mauro Zijlstra memang memiliki optimisme yang besar terhadap masa depan Timnas Indonesia. Dua hasil positif yang diraih saat menahan Arab Saudi dan Australia pada dua laga awal menjadi tanda-tanda positif.

Apalagi, ada beberapa amunisi baru yang mulai bergabung skuad Garuda. Dua di antaranya yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang selangkah lagi bisa menyandang status sebagai WNI.

“Anda melihat nama-nama besar mulai bergabung dengan Timnas Indonesia dan Anda dapat melihatnya dari hasil pertandingan. Melawan Australia 0-0 dan melawan Arab Saudi 1-1. Tentu saja ada peluang di masa mendatang,” ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Masuk Radar Naturalisasi

Mauro Zijlstra memang digadang-gadang bakal menjadi pemain keturunan terbaru yang menjalani proses naturalisasi. Namanya kerap dibicarakan publik karena memiliki darah keturunan Bandung dari neneknya.

Namun, prosesnya memang belum dimulai oleh PSSI. “Untuk Mauro Zijlstra belum. Kami sedang memaksimalkan dua nama (Mees Hilgers dan Eliano Reijnders) untuk diproses,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Berita Terkait