Mikel Arteta Terkesima Melihat 2 Penyelamatan Krusial David Raya saat Arsenal Ditahan Atalanta

oleh Rizki Hidayat diperbarui 20 Sep 2024, 15:15 WIB
Kiper Arsenal, David Raya melakukan selebrasi bersama William Saliba setelah melakukan penyelamatan gemilang pada laga Liga Europa 2023/2024 melawan Atalanta di Atleti Azzurri d'Italia stadium, Bergamo, Italia, Jumat (20/09/2024) WIB. (AP Photo/Antonio Calanni)

Bola.com, Bergamo - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, mengaku terkesima dengan dua penyelamatan krusial yang dilakukan David Raya pada laga kontra Atalanta pada laga perdana league phase Liga Champions. Arteta menyebut penyelamatan Raya merupakan aksi terbaik yang pernah dilihatnya.

Menjalani pertandingan di Gewiss Stadium, Bergamo, Jumat (20/9/2024) dini hari WIB, Arsenal mendapat perlawanan sengit dari Atalanta. Tim Meriam London mencatatkan 46,1 persen penguasaan bola, berbanding 53,9 persen milik tim tuan rumah.

Advertisement

Arsenal juga melepaskan enam tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Atalanta memperoleh dua peluang bagus dari delapan kesempatan.

Meski ditekan sang lawan, Arsenal tampil solid di lini belakang, terutama David Raya yang menghuni pos di bawah mistar gawang. Penyelamatan krusial yang dilakukan Raya terjadi pada menit ke-51.

 

2 dari 4 halaman

Dua Penyelamatan Krusial

Kiper Arsenal, David Raya memberikan tepuk tangan setelah laga Liga Europa 2023/2024 melawan Atalanta di Atleti Azzurri d'Italia stadium, Bergamo, Italia, Jumat (20/09/2024) WIB. (AP Photo/Antonio Calanni)

Ketika itu, pemain berusia 29 tahun tersebut melakukan dua penyelamatan sekaligus. Pertama adalah ketika membendung eksekusi penalti Mateo Retegui. Atalanta mendapatkan penalti setelah Thomas Partey melanggar Ederson di kotak terlarang.

Bola hasil sepakan 12 pas Retegui ke sisi kanan mampu ditepis David Raya. Penyelamatan kedua yakni ketika bola liar hasil tepisan penalti Raya, langsung disambar Mateo Retegui dengan sundulan.

Lagi-lagi mantan kiper Brentford tersebut menghalau bola hasil tandukan Retegui. Sampai duel berakhir, Arsenal bermain imbang tanpa gol kontra Atalanta.

 

3 dari 4 halaman

Penyelamatan Terbaik

Mikel Arteta. Pelatih Arsenal asal Spanyol yang kini berusia 40 tahun ini menjadi pelatih termuda di Liga Inggris musim 2022/2023. Ia mulai menangani Arsenal pada 22 Desember 2019 menggantikan posisi pelatih caretaker Arsenal saat itu, Freddie Ljungberg. Sebelumnya Mikel Arteta menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City sejak 3 Juli 2016. Hingga 8 laga pada musim 2022/2023 ini Arsenal dibawanya menduduki puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 21 poin dari hasil 7 kali menang dan 1 kali kalah. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Dua penyelamatan yang dilakukan David Raya membuat Mikel Arteta terkesan. Manajer asal Spanyol itu pun memuji penampilan Raya yang tetap solid mengawal gawang Arsenal.

"Tiba-tiba kami mulai sangat tidak konsisten saat menguasai bola. Kami mulai kehilangan setiap bola, bola-bola yang sangat sederhana, dan kami kehilangan kendali permainan," ujar Arteta.

"Kami sama sekali tidak kesulitan bertahan, tetapi dalam satu aksi kami kebobolan penalti, dan kami membutuhkan dua penyelamatan terbaik yang pernah saya lihat dalam karier saya dari David Raya untuk tetap bertahan dalam permainan," lanjutnya.

Sumber: Arsenal

4 dari 4 halaman

Simak Klasemen Liga Champions

Berita Terkait