Cristiano Ronaldo Puji Habis-Habisan Lamine Yamal: The Next Superstar Sepak Bola Dunia

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 20 Sep 2024, 16:30 WIB
Pemain Barcelona, Lamine Yamal (kanan) bermain bersama adiknya setelah laga lanjutan Liga Spanyol 2024/2025 melawan Athletic Club Bilbao di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Sabtu (25/08/2024) waktu setempat. (AFP/Lluis Gene)

Bola.com, Jakarta - Bintang sepak bola dunia asal Portugal, Cristiano Ronaldo, memberi pujian setinggi langit kepada wonderkid Spanyol, Lamine Yamal. Dalam konten eksklusif di kanal YouTube miliknya, Ronaldo melihat potensi besar dalam diri pemain muda Barcelona ini.

Lamine Yamal memang telah mencuri perhatian dunia sepak bola dengan penampilan apiknya di musim kedua bersama Blaugrana. Sejak mulai debut pada 2023, Yamal telah mencetak 10 gol dan memberikan 13 assist dalam 56 penampilan untuk raksasa La Liga tersebut.

Advertisement

Melihat potensi yang dimiliki Yamal, Barcelona memberi kontrak panjang hingga 2026 serta menambah opsi klausul pelepasan senilai 1 miliar euro atau Rp16,8 triliun untuk mengamankan jasanya di Camp Nou.

Tak hanya di klub, pemuda berusia 17 tahun ini juga mengukir sejarah bersama Timnas Spanyol di Euro 2024. Tercatat dari Spanyol meraih gelar juara Euro 2024, Lamine Yamal hanya absen sekali bersama La Roja. Selain itu, ia berkontribusi satu gol dan empat assist dalam tujuh penampilan.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Pujian Ronaldo

Pada laga tersebut, Al-Nassr harus puas berbagi poin setelah laga berakhir dengan skor 1-1. (AFP/Fayez Nureldine)

Dalam sebuah podcast yang diupload pada kanal YouTube pribadinya, Ronaldo bersama mantan rekan setimnya di Manchester United, Rio Ferdinand, membahas mengenai perkembangan luar biasa Yamal. Ronaldo mengungkapkan kekaguman terhadap potensi luar biasa yang dimiliki pemain muda Barcelona tersebut.

Namun, Ronaldo juga mengingatkan bahwa perjalanan Yamal masih panjang, ia membutuhkan konsistensi dan kerja keras agar mencapai potensi maksimal untuk sampai puncak kariernya.

"Dia masih sangat muda, dan saya harap dia tidak menghadapi masalah yang bisa menghambatnya," ujar peraih lima balon d'Or tersebut.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Berada di Lingkungan Hebat

Pemain muda Spanyol, Lamine Yamal, memegang trofi penghargaan pemain muda terbaik Euro 2024. (AP Photo/Andreea Alexandru)

Selain itu, Ronaldo mengakui Yamal berada di lingkungan hebat, baik di timnas maupun klub. Ronaldo menyakini dengan dukungan dari rekan setim yang berkualitas, Yamal akan terus berkembang dan meningkatkan level permainannya.

"Dia berada di tim nasional Spanyol yang sangat bagus, ini akan sangat membantunya untuk berkembang lebih jauh lagi," jelasnya.

Meski memberi pujian setinggi langit, Ronaldo menekankan hanya waktu yang akan membuktikan apakah Yamal bisa mencapai level yang sama seperti dirinya atau Lionel Messi.

“Saya berharap dia tidak menghadapi masalah di masa depan, dan saya yakin dia akan menjadi salah satu yang terbaik di generasinya” Tutup Ronaldo.

Melihat apresiasi dari pemain besar seperti Ronaldo, tidak menutup kemungkinan di masa depan Yamal akan menjadi salah satu bintang besar di dunia sepak bola. Namun, itu hanya bisa terjadi jika Yamal terus bermain konsisten dan bekerja keras untuk dapat mengasah potensi yang dimilikinya saat ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Kiprah Lamine Yamal Musim Ini

Ekspresi pemain Spanyol, Lamine Yamal, saat membuang kesempatan saat menghadapi Kroasia pada laga perdana Grup B Piala Eropa 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu (15/5/2024). (Sebastian Christoph Gollnow/dpa via AP)

Sejak awal musim 2024/2025 dimulai pada Agustus lalu, Lamine Yamal telah menjadi andalan pelatih baru, Hansi Flick. Posisinya sebagai penyerang sayap kanan tak tergantikan, Yamal selalu menjadi pilihan utama dalam lima laga awal La Liga.

Pemain berpaspor Spanyol yang memiliki keturunan Maroko ini juga telah berkontribusi dengan menorehkan empat gol dan empat assist di semua kompetisi bagi Blaugrana.

Menariknya baru-baru ini bintang Barcelona tersebut masuk ke dalam daftar 30 nominasi Ballon d'Or 2024. Yamal menjadi favorit untuk meraih Kopa Trophy dan penghargaan Golden Boy tahun ini.

Penulis: Muhammad Luthfi Ma'ruf

Sumber: Sportbible

Berita Terkait