3 Catatan Menarik Setelah PSS Menggilas Arema FC di BRI Liga 1: Perdana Menang, Menghapus Minus

oleh Ana Dewi diperbarui 20 Sep 2024, 20:45 WIB
PSS Sleman logo.

Bola.com, Solo - PSS Sleman akhirnya meraih kemenangan pada pekan keenam BRI Liga 1 2024/2025. Mereka menggilas tamunya, Arema FC dengan skor 3-1 di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2024) sore.

Gol PSS Sleman dicetak via brace Hokky Caraka pada menit ke-39 dan 54'. Satu gol lainnya dilesakkan Phil Ofosu-Ayeh (23'). Sementara Arema FC hanya mampu membalas lewat Charles Lokolingoy (53').

Advertisement

Tambahan tiga poin membuat tim berjulukan Super Elang Jawa itu naik ke peringkat ke-17 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan dua poin. PSS Sleman menggeser posisi Madura United yang membukukan satu angka.

Bagi Arema FC, hasil minor itu membikin mereka tak beranjak dari urutan ke-12. Singo Edan mengemas enam poin dari enam pertandingan yang dijalani.

Kemenangan meyakinkan PSS Sleman atas Arema FC ini memunculkan setidaknya tiga fakta. Apa saja? Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini.

2 dari 5 halaman

Kemenangan Perdana

Latihan perdana PSS Sleman di Lapangan Pakembinangun, Sleman, Senin (24/6/2024) sore WIB. (Dok PSS Sleman)

Hasil positif ini menjadi kemenangan perdana PSS Sleman di BRI Liga 1 musim ini. Sebelumnya, Tim Elang Jawa cuma mampu mendulang dua hasil imbang dan tiga kekalahan.

Laskar Sembada bermain seri melawan Borneo FC (1-1) dan Bali United (0-0). Kemudian tumbang melawan Persebaya Surabaya (0-1), Persik Kediri (0-2), serta Semen Padang (0-1).

3 dari 5 halaman

Akhirnya Mencetak Gol

Pemain PSS Sleman, Hokky Caraka beraksi dalam laga versus Persib Bandung di BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (19/8/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Tidak hanya mengakhiri puasa kemenangan, PSS Sleman juga akhirnya bisa membuat gol pada kompetisi musim ini. Sebab, dalam lima laga terakhir mereka begitu kepayahan dalam membobol gawang lawan.

Memang, Fachruddin Aryanto dkk. sudah menceploskan gol ke gawang Borneo FC. Namun, ketika itu gol tersebut berasal dari gol bunuh diri tim lawan.

Dua gol yang dibuat Hokky Caraka menjadi pembuktian bagi pemain asal Gunungkidul, Yogyakarta tersebut. Sebab, striker Timnas Indonesia itu banyak mendapat kritik karena selalu gagal mencatatkan namanya di papan skor.

4 dari 5 halaman

Hapus Minus Poin

Liga 1 - Ilustrasi Logo PSS Sleman BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Kemenangan kontra Arema FC cukup melegakan bagi PSS Sleman. Tambahan tiga poin tidak hanya memutus tren tidak pernah menang di pentas BRI Liga 1, tetapi juga menghapus minus poin di papan klasemen.

Seperti diketahui, mereka saat ini sedang menjalani sanksi pengurangan poin dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Sejak awal musim, PSS Sleman harus memulai kompetisi dengan minus tiga angka.

Dua hasil imbang plus sekali kemenangan yang didapat dalam lima laga membuat mereka kini mengumpulkan dua poin. PSS Sleman terbebas dari hukuman dan tentu ini merupakan hal positif bagi skuad Laskar Sembada.

  

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Berita Terkait