Madam Pang Akui Timnas Indonesia Makin Menakutkan, tetapi...

oleh Rizki Hidayat diperbarui 21 Sep 2024, 12:00 WIB
Jay Idzes (dua dari kiri) menjadi kapten saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Timnas Arab Saudi, Jumat (6/9/2024). (Instagram/jayidzes).

Bola.com, Jakarta - Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Nualphan Lamsam, mengakui Timnas Indonesia saat ini semakin menakutkan. Namun, wanita yang akrab disapa Madam Pang itu menilai Tim Garuda justru tak pernah menang ketika bersua Timnas Thailand.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Anak asuh Shin Tae-yong tersebut tergabung di Grup C bersama Arab Saudi, Australia, Jepang, Bahrain, dan China.

Advertisement

Berstatus tim terendah di ranking FIFA, Tim Garuda diprediksi bakal menjadi bulan-bulanan tim-tim penghuni Grup C. Namun ternyata, Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan.

Pada pertandingan pertama fase grup kontra Arab Saudi, 6 September 2024, Jay Idzes dkk. berhasil meraih hasil imbang 1-1. Adapun pada pertandingan kedua melawan Australia, 10 September lalu, Timnas Indonesia memetik hasil seri 0-0.

 

2 dari 4 halaman

Melesat di Ranking FIFA

Pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Berkat dua torehan imbang tersebut, Timnas Indonesia kini berada di urutan keempat klasemen sementara Grup C dengan nilai dua. Tim Garuda unggul satu angka atas Australia di tempat kelima, dan tertinggal tiga poin dari Jepang di posisi teratas.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia juga mengalami peningkatan di ranking FIFA. Tim Merah Putih memperoleh 15,4 poin berkat dua hasil imbang tersebut, dan kini melesat ke posisi 129, setelah sebelumnya menghuni peringkat 133.

Selepas ini, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga tandang Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Garuda bakal meladeni Bahrain pada 10 Oktober, dan lima hari berselang bakal bersua China.

 

3 dari 4 halaman

Makin Menakutkan, tetapi...

Manajer Timnas Thailand, Nualphan Lamsam atau yang akrab disapa Madam Pang menyapa fans setelah berakhirnya laga matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 menghadapi Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Madam Pang tak menampik jika penampilan Timnas Indonesia semakin menakutkan. Apalagi saat ini diperkuat pemain-pemain naturalisasi, seperti Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, serta Maarten Paes.

Meski begitu, wanita yang juga seorang pengusaha ternama di Thailand itu menilai Timnas Indonesia kerap tak berkutik ketika bersua Tim Gajah Perang. Bahkan dalam tujuh pertandingan terakhir, Indonesia tak mampu sekalipun mengalahkan Timnas Thailand.

Dia pun optimistis Timnas Indonesia akan kembali tak berkutik ketika bersua Thailand pada laga Piala AFF 2024 atau yang kini bernama ASEAN Championship.

"Setiap tim itu menakutkan. Tetapi di grup yang kami ikuti di ASEAN Championship tidak ada Indonesia," kata Madam Pang.

"Artinya, Indonesia sangat bagus, sudah lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, tetapi di ASEAN Championship yang lalu, Thailand belum pernah kalah dari Indonesia," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2024

Berdasarkan undian Piala AFF 2024 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, 21 Mei 2024, Timnas Indonesia berada di Grup B. Tim Garuda satu grup dengan Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia akan bersua Myanmar (9/12/2024), dilanjutkan bersua Laos (12/12/2024), Vietnam (15/12/2024), dan terakhir menghadapi Filipina (21/12/2024).

Piala AFF 2024 atau ASEAN Championship tidak masuk kalender FIFA. Alhasil, klub-klub tak wajib melepas pemain untuk membela timnas, termasuk Timnas Indonesia.

Oleh karena itu, pelatih Shin Tae-yong diyakini bakal banyak memanggil pemain-pemain muda untuk membela Tim Garuda.

Berita Terkait