Duet Batu Karang di Pusat Pertahanan Terbaik dalam Sejarah Premier League Versi Legenda Liverpool: Ada Pasangan MU Enggak Ya?

oleh Choki Sihotang diperbarui 21 Sep 2024, 17:15 WIB
Jamie Carragher. Semasa aktif bermain, Jamie Carrgaher hanya bermain untuk satu tim sepanjang kariernya, yaitu bersama Liverpool mulai 1996/1997 hingga 2012/2013. Ia total tampil dalam 737 laga bersama Liverpool di semua ajang dengan torehan 4 gol dan 18 assist. Usai pensiun, ia terjun sebagai komentator dan pundit di jaringan televisi Sky Sports mulai musim 2013/2014 bergabung bersama Grame Souness, Gary Neville dan Jamie Redknapp. Pada Juli 2020 ia melebarkan sayapnya ke jaringan televisi CBS Sports sebagai bagian dari tim yang mengulas khusus Liga Champions. (AFP/Pool/Peter Powell)

 

Bola.com, Jakarta - Bicara pentas Premier League, pemain-pemain terbaik dari seluruh dunia unjuk aksi di setiap musimnya. Dari mulai penjaga gawang hingga barisan penyerang telah menghiasi kompetisi tertinggi Inggris sejak digulirkan pada 1992.

Advertisement

Khusus di jantung pertahanan, di posisi bek tengah, mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, setidaknya memilih dua defender yang menurutnya terbaik sepanjang sejarah Premier League.

Siapa keduanya? Keduanya adalah pemain Arsenal, William Saliba dan Gabriel Magalhães.

Jamie Carragher, yang tampil dalam 508 laga bersama Liverpool (1996–2013), memuji William Saliba serta Gabriel Magalhães dan The Gunners beruntung bisa memiliki keduanya.

William Saliba, 23 tahun, bergabung dengan Arsenal pada 2019. Sempat menjalani peminjaman di → Saint-Étienne, Nice, dan Marseille kini menjadi amunisi andalan Mikel Arteta.

Pun begitu dengan Gabriel Magalhães, yang mendarat di Emirates Stadium pada 2020 menjadi pasangan William Saliba di tengah pertahanan The Gunners dan sejauh ini pemain 26 tahun itu tampil memesona.

Meskipun ada beberapa pasangan yang mencapai status ikonik selama bertahun-tahun, namun Jamie Carragher hanya memilih beberapa duet terbaik lainnya dari medio 2000-an.

Siapa saja duo terbaik di pusat pertahanan tim Premier League pilihan Jamie Carragher, berikut daftarnya seperti dilansir Givemesport:

 

 
2 dari 4 halaman

John Terry - Ricardo Carvalho

Chelsea juga pernah memiliki duet maut lini belakang mereka lewat pasangan John Terry dan Ricardo Carvalho. Berkat kokohnya penjagaan mereka The Blues mampu meraih gelar Liga Inggris musim 2004/2005 dan 2005/2006. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Dalam kolomnya di Telegraph, Carragher menjelaskan mengapa ia yakin bahwa pemain andalan Chelsea John Terry dan Ricardo Carvalho mengungguli Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand dari Manchester United. Ia menyatakan:

"Saya menempatkan Terry dan Carvalho sebagai pemain nomor satu di Premier League. Mereka fondasi tim Chelsea asuhan Jose Mourinho yang brilian, menulis ulang rekor dan mendefinisikan ulang apa yang mungkin terjadi di level tertinggi dengan hanya kebobolan 15 gol dalam satu musim Premier League pada 2004/2005.

"Ferdinand dan Vidic adalah duo ideal dalam tim Manchester United yang lebih menyerang – yang menonjol dari banyak pertahanan hebat yang dibangun Sir Alex Ferguson selama masa jabatannya," ujarnya.

"Yang membedakan mereka adalah mereka setara, tidak seperti satu bek yang lebih unggul membawa yang lain yang sering terjadi, bahkan dalam kolaborasi pertahanan yang paling terkenal. Mitra yang sempurna saling melengkapi sehingga kami tidak berpikir salah satu tanpa yang lain," lanjutnya.

Meski kolektif Old Trafford ternyata lebih sukses bersama dalam hal penghargaan dan memiliki masa bersama yang lebih lama, statistik mendukung saran Carragher bahwa gabungan Terry dan Carvalho lebih efektif dalam mencegah bola masuk ke belakang gawang.

3 dari 4 halaman

Gabriel - Saliba VS Terry - Carvalho

Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne, mencoba melepaskan diri dari kawalan dua bek Arsenal, Gabriel Magalhaes dan William Saliba, saat bertanding pada pekan 30 Liga Inggris 2023/2024 di Stadion Etihad, Minggu (31/3/2024) malam WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Topik lain yang disinggung pria berusia 46 tahun itu adalah seberapa jauh Gabriel dan Saliba dari Arsenal untuk mengklaim sebagai pasangan terbaik sepanjang sejarah Premier League.

Mantan pemain Timnas Inggris itu mencatat bahwa Gabriel - Saliba di ambang kemenangan, mereka tidak akan pernah dipertimbangkan jika gagal memenangkan gelar Premier League:

"Asalkan mereka tetap bersama, kita pada akhirnya akan merujuk Saliba dan Gabriel dalam satu tarikan napas dengan dua pasangan yang menonjol dari generasi saya; John Terry dan Ricardo Carvalho dari Chelsea, dan Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic dari Manchester United," ujarnya.

"Arsenal harus memenangkan Premier League atau Liga Champions agar keduanya dapat memantapkan diri di hall of fame itu, tetapi mereka membuat langkah besar dan menjadi alasan terbesar mengapa tim Mikel Arteta dapat bertandang ke Manchester City dengan percaya diri akhir pekan ini".

Sumber: Givemesport

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League saat Ini

Berita Terkait