Erick Thohir Tegaskan PSSI Tidak Pernah Membeda-bedakan Timnas Indonesia Putra dan Putri: Perlakuan Sama

oleh Hery Kurniawan diperbarui 21 Sep 2024, 20:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia Putri U-17 melakukan juggling saat latihan di Lapangan A Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (27/03/2024). Latihan tersebut merupakan bentuk persiapan untuk Piala Asia U-17 yang bergulir di Bali pada 6-19 Mei 2024. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan tidak pernah membeda-bedakan komitmen dalam membangun sepak bola nasional. Termasuk dalam menangani sepak bola putra dan putri.

Bahkan, menurut Erick Thohir, PSSI sudah memberikan anggaran sebesar untuk sepak bola putri. Menurut Erick, angkanya mencapai Rp 36 Miliar untuk membangun tahap awal sepak bola putri.

Advertisement

"Perlakuan kami merata antara sepak bola putra dan putri. Saya tidak pernah beda-bedakan komitmen dalam memberlakukan sepak bola putri dan sepakbola putra. Bahkan kami sudah keluarkan anggaran Rp36 Miliar untuk sepak bola putri," katanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

"Salah satunya untuk kegiatan Timnas U-17 kemarin di Bali. Khusus sepak bola putri, kami juga akan terus membangun strategi jangka pendek, menengah, dan panjang," sambung Erick Thohir.

2 dari 3 halaman

Menuju Jepang

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah) bersama Manajer Timnas Indonesia Putri Galih Dimuntur Kartasasmita (kiri), Exco PSSI Vivin Cahyani (kedua kiri), Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji (kedua kanan), dan Sekjen PSSI Yunus Nusi (kanan) memberikan keterangan saat konferensi pers mengenai perkembangan Timnas Indonesia Putri yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (21/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Salah satu bentuk komitmen dalam membangun sepak bola putri adalah dengan memberikan program yang jelas kepada Timnas Indonesia Putri di berbagai kelompok umur.

Erick Thohir kemudian mengungkapkan dalam waktu dekat skuad Timnas Indonesia Putri U-20 akan berangkat ke Jepang untuk menjalani pemusatan latihan dan serangkaian laga uji coba.

"Yang jelas, saya tadi dilaporkan ada 25 anak Timnas U-20 yang sedang pelatnas di Hotel Sultan, kemudian mereka akan lanjut training centre di beberapa kota di Jepang dan menjalani friendly match sebanyak tujuh kali di Jepang. Intinya kami persiapkan timnas putri U20 semaksimal mungkin agar bisa mengejar prestasi seperti di sepakbola putra," jelas Erick.

3 dari 3 halaman

Pindah ke Belanda

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, resmi mengumumkan Satoru Mochizuki, sebagai pelatih baru Timnas Putri Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (20/2/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rencananya usai menjalani latihan di Jepang hingga 21 Oktober 2024, Timnas Indonesia Putri U-20 akan bertolak ke Belanda untuk melawan Timnas putri Belanda pada FIFA matchday.

Laga yang akan digelar pada 25 Oktober  2024 itu rencananya akan melibatkan para pemain senior yang usianya sudah di atas 20 tahun.

Setelah bermain di Belanda, dan selanjutnya Timnas Indonesia Putri U-20 akan terbang ke Yordania untuk menantang tim putri negara tersebut. 

Berita Terkait