Liga Spanyol: Cerita Lamine Yamal 'Diumpetin' Barcelona setelah Xavi Melihat Ada Hal yang Ajaib

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 21 Sep 2024, 21:45 WIB
Pemain Barcelona, Lamine Yamal (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Athletic Club Bilbao pada laga lanjutan Liga Spanyol 2024/2025 di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Sabtu (25/08/2024) waktu setempat. (AP Photo/Joan Monfort)

Bola.com, Jakarta - Lamine Yamal menjelma menjadi sensasi di dunia sepak bola menyusul performa cemerlangnya bersama Timnas Spanyol dan Barcelona. Siapa sangka, ada cerita lucu di balik awal kariernya.

Barcelona enggan terburu-buru 'memperkenalkan' Lamine Yamal ketika dia masih sangat muda. Dia 'disembunyikan' di tengah ketakutan bahwa klub lain akan memburunya sebelum dia bisa menandatangani kontrak profesional.

Advertisement

Lamine Yamal baru berusia 17 tahun pada bulan Juli kemarin, tetapi dia telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

Musim pertama yang sensasional di tim utama Barcelona menghasilkan tujuh gol dan sembilan assist dalam 50 penampilan. Ia juga sudah mengoleksi empat gol dan empat assist dalam enam pertandingan musim ini.

 

2 dari 3 halaman

Ajaib

Pemain Barcelona, Lamine Yamal (kanan) bermain bersama adiknya setelah laga lanjutan Liga Spanyol 2024/2025 melawan Athletic Club Bilbao di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Sabtu (25/08/2024) waktu setempat. (AFP/Lluis Gene)

Mantan direktur olahraga Barcelona Jordi Cruyff, yang meninggalkan klub pada tahun 2023, kini mengungkapkan bahwa ia dan mantan pelatih, Xavi, sangat ingin memainkan Lamine Yamal lebih awal. Tetapi karena Yamal tidak berada di bawah kontrak profesional, mereka khawatir dia akan ditawari kesepakatan yang lebih menguntungkan di tempat lain jika bakatnya ditampilkan kepada dunia.

"Pertama kali dia pergi berlatih dengan tim utama, setelah lima menit pelatih, yang adalah Xavi, melihat kami dan mengatakan 'ini spesial," kata Cruyff kepada Movistar Plus.

"Saya ingin memberinya debut lebih cepat, tetapi kami tidak memiliki kontrak dengan bocah itu jadi kami harus terlebih dahulu memastikan bahwa dia akan menjadi milik kami selama bertahun-tahun."

"Bahkan para veteran melihat bahwa dia adalah sesuatu yang ajaib, sangat sulit ditemukan."

3 dari 3 halaman

Posisi Barcelona di Liga Spanyol

Berita Terkait