BRI Liga 1 2024 / 2025: Fakta dan Performa Striker Domestik di Klub Baru

oleh Ana Dewi diperbarui 22 Sep 2024, 07:45 WIB
Ilustrasi - Malik Risaldi dan Ezra Walian (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Matchday keenam BRI Liga 1 2024/2025 sudah bergulir sejak Jumat (20/9/2024) sore. Duel antara PSS Sleman versus Arema FC yang berakhir dengan skor 3-1 menjadi laga pembuka pada pekan ini.

Borneo FC kukuh di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 13 angka. Disusul Persebaya Surabaya di urutan kedua dengan poin sama. Sementara posisi juru kunci ditempati PSS Sleman dengan torehan nilai dua.

Advertisement

Selama enam Minggu bergulir, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu menyajikan sejumlah fakta menarik. Satu di antaranya yakni mengenai kiprah para striker anyar yang tersebar di 18 tim kontestan Liga 1.

Legiun impor sejauh ini masih menjadi tulang punggung klub untuk menghasilkan pundi gol. Lantas, bagaimana dengan kontribusi penyerang lokal yang baru berpindah klub pada musim ini? Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 8 halaman

Jeam Kelly Sroyer

Pemain Persik Kediri, Jeam Kelly Sroyer, saat pertandingan pekan keempat BRI Liga 1 2023/2024 melawan Dewa United yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (21/7/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Jeam Kelly Sroyer berpindah dari Persik Kediri ke tim promosi PSBS Biak pada bursa transfer musim ini. Pemain berusia 21 tahun itu sejauh ini sudah tampil dalam lima pertandingan di Liga 1.

Striker Timnas Indonesia U-23 itu selalu memulai laga dari bangku cadangan. Hanya saja, Jeam Kelly Sroyer belum mampu menceploskan gol buat tim tanah kelahirannya tersebut.

 

3 dari 8 halaman

Ahmad Nur Hardianto, Aji Kusuma

Pemain Persija Jakarta, Aji Kusuma melakukan selebrasi setelah mencetak gol ketiga Persija ke gawang PSM Makassar pada laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (25/1/2023). Persija menang dengan skor 4-2. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Berikutnya ada Ahmad Nur Hardianto dan Aji Kusuma. Sejak dibeli Persita Tangerang kedua pemain ini juga belum menunjukkan tajinya. Mereka bergabung pada awal musim ini.

Nur Hardianto sebelumnya membela Borneo FC. Sedangkan Aji Kusuma berbaju Persija Jakarta. Mereka sejauh ini sama-sama mencatat tiga laga dan nir gol bersama Pendekar Cisadane.

 

4 dari 8 halaman

Wildan Ramdhani, Aulia Rahman

PSIS Semarang mendatangkan sejumlah amunisi anyar pada kompetisi musim ini. Dua di antara pemain yang direkrut adalah Wildan Ramdhani dan Aulia Rahman.

Wildan datang dari Persebaya Surabaya. Adapun Aulia merupakan striker muda yang membela Persita U-18 pada musim 2023. Pada musim ini keduanya baru mengepak tiga penampilan dan sama-sama belum pecah telur di tim barunya.

 

5 dari 8 halaman

Hanis Saghara

Penyerang Timnas Indonesia U-23, Hanis Saghara, menyebut kekompakan semua pemain jadi kunci kemenangan 2-1 atas Tajikistan pada laga uji coba.

Madura United menjadi pelabuhan baru bagi karier Hanish Sagara. Mantan penyerang Timnas Indonesia itu hijrah ke Pulau Garam pada Juli 2024, setelah setahun lebih berkostum Persita.

Hanish Sagara sejauh ini baru membukukan dua penampilan atau 84 menit bermain selama enam pekan Liga 1 bergulir. Dia bermain ketika timnya kalah melawan Persis Solo dan PSBS Biak. Dalam penampilan terakhirnya, Hanish berhasil membuat assist.

 

6 dari 8 halaman

Malik Risaldi

Pemain anyar Persebaya, Malik Risaldi. (Dokumentasi Persebaya)

Nama Malik Risaldi belakangan ramai jadi perbincangan publik sepak bola Tanah Air. Latarnya tak lepas dari aksi gemilang yang ditunjukkan saat membela Persebaya. Pemain berusia 27 tahun itu tampil apik saat membantu timnya melibas Persis 2-1 pada pekan kelima Liga 1 (18/9/2024).

Malik Risaldi menunjukkan kelasnya dengan memborong dua gol pada laga itu. Sempat absen dalam tiga laga awal karena cedera, pemain yang musim lalu berkostum Madura United itu perlahan mulai moncer bersama Bajul Ijo.

 

7 dari 8 halaman

Dimas Drajad

Striker Persib Bandung, Dimas Drajad. (Bola.com/Dok.Persib Bandung).

Penyerang Timnas Indonesia, Dimas Drajad memulai petualangan baru bersama Persib Bandung di Liga 1 musim ini. Pemain berusia 27 tahun itu memilih pindah klub karena timnya Persikabo 1973 terdegradasi ke Liga 2.

Dimas Drajad punya statistik cukup baik sejauh ini. Dari lima laga, pemain berpostur 178 cm itu sudah mengepak sebiji gol plus dua assist. Dia menjadi andalan lini depan Maung Bandung, dengan empat pertandingan di antaranya sebagai starter.

 

8 dari 8 halaman

Ezra Walian

Ezra Walian bertekad meraih gelar juara bersama Persik Kediri, seperti dilakukannya di Persib Bandung musim lalu. (Bola.com/Gatot Sumitro)

Ezra Walian menjadi satu di antara pemain yang berganti klub pada kompetisi musim ini. Mantan striker Timnas Indonesia itu hengkang dari Persib Bandung menuju Persik Kediri. Tak butuh waktu lama bagi Ezra untuk beradaptasi dengan klub barunya.

Penyerang berusia 26 tahun itu tampil menjanjikan bersama Macan Putih. Ezra Walian selalu bermain dalam lima laga dan mengepak satu assist. Memang, dia belum menyumbangkan gol buat timnya, namun Ezra memberikan kontribusi cukup besar dalam hasil yang diraih Persik sejauh ini.

Berita Terkait