Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadinya Disumpah WNI 30 September, Pendaftaran Pemain Timnas Indonesia Vs Bahrain Ditutup 3 Oktober 2024

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 22 Sep 2024, 14:00 WIB
Timnas Indonesia - Eliano Reijnders dan Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengabarkan bahwa dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, akan disumpah kewarganegaraan RI pada Senin (30/9/2024).

Sebelumnya, beredar kabar Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (23/9/2024).

Advertisement

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tetap bakal diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Saat ini, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tinggal menunggu pelantikan sebagai WNI setelah Keputusan Presiden (Keppres) sudah diteken Presiden Jokowi.

2 dari 3 halaman

Deadline H-7

Aksi bek tengah keturunan Indonesia milik FC Twente, Mees Hilgers (paling kiri) di laga leg pertama Kualifikasi Ketiga UEFA Conference League melawan Cukaricki pada 6 Agustus 2022 lalu. (Dok. Instagram Mees Hilgers)

Sumardji juga menjelaskan bahwa pendaftaran pemain Timnas Indonesia melawan Timnas Bahrain akan ditutup pada 3 Oktober 2024 atau sepekan sebelum laga.

Sebelumnya, tersiar narasi bahwa deadline registrasi pemain Timnas Indonesia kontra Bahrain adalah pada 24 September 2024 alias dua minggu sebelum pertandingan.

Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Bahrain pada partai ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Jika proses menjadi WNI dan perpindahan federasi dapat terjadi paling lama 3 Oktober 2024, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat debut dengan Timnas Indonesia versus Bahrain.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Sumardji

Lima hari berselang, Tim Garuda bakal bertandang ke Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, untuk melawan Timnas China.

"Penutupan pendaftaran pemain itu pada 3 Oktober 2024. Mudah-mudahan masih bisa didaftarkan. Seperti apa yang disampaikan, mereka akan disumpah pada 30 September 2024," ujar Sumardji.

"Lalu nanti proses administrasi, termasuk perpindahan federasi dapat selesai dalam 1-2 hari. Berarti pada 3 Oktober 2024 bisa didaftarkan," jelas Sumardji.

Berita Terkait