Ngeri! Calon Lawan Timnas Indonesia Punya Bintang yang Bersinar di Liga Champions: Dua Pemain Gacor, Bikin Ketar-ketir!

oleh Radifa Arsa diperbarui 22 Sep 2024, 16:00 WIB
Timnas Indonesia - Justin Hubner, Jay Idzes, Rizky Ridho (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia patut merasa was-was dengan kiprah calon lawannya pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dua amunisi andalan Timnas Jepang tengah menggila di ajang Liga Champions 2024/2025.

Dua pemain Timnas Jepang yang dimaksud ialah Kyogo Furuhashi dan Daizen Maeda. Keduanya sama-sama menjadi aktor kemenangan Celtic FC saat menggasak Slovan Bratislava pada laga pertama Liga Champions 2024/2025.

Advertisement

Kyogo Furuhashi, misalnya, sukses menggandakan keunggulan Celtic FC setelah mencetak gol kedua pada menit ke-47. Adapun Daizen Maeda berhasil menjebol gawang lawan pada pertengahan babak kedua, tepatnya menit ke-70.

Kontribusi kedua pemain ini membawa tim asuhan Brendan Rodgers itu unggul 5-1 atas Slovan Bratislava. Melihat kiprah semacam ini, Timnas Indonesia tentu layak ketar-ketir dengan kekuatan skuad Samurai Biru.

 

2 dari 4 halaman

Kiprah Istimewa Daizen Maeda

Pemain Jepang, Daizen Maeda (kanan) merayakan gol pertama timnya ke gawang Kroasia yang dicetak saat laga 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Senin (05/12/2022). (AFP/Ozan Kose)

Daizen Maeda memang menjadi salah satu pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia saat berjumpa Timnas Jepang pada lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pemain sayap berusia 26 tahun ini sudah memperlihatkan lonjakan performa pada awal musim 2024/2025. Dari total enam pertandingan di semua ajang, dia setidaknya mampu menghasilkan empat gol dan dua assist.

Satu gol di antaranya dihasilkan pada ajang Liga Champions, sedangkan satu gol dan dua assist lainnya dicetak pada kompetisi Liga Skotlandia. Adapun dua gol lainnya tercipta pada ajang Piala Liga musim ini.

Bersama skuad Samurai Biru, winger kelahiran 20 Oktober 1997 ini juga sempat menyumbangkan satu gol ketika tim asuhan Hajime Moriyasu menggasak China tujuh gol tanpa balas pada laga perdana Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

 

3 dari 4 halaman

Menanti Aksi Kyogo Furuhashi

Striker Glasgow Celtic asal Jepang, Kyogo Furuhashi telah mencetak 2 gol dari tiga laga di Liga Champions musim 2023/2024. Kedua gol tersebut dicetaknya masing-masing pada matchday kedua Grup E ke gawang Lazio (4/10/2023) dalam laga yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Lazio dan ke gawang Atletico Madrid pada matchday ketiga (25/10/2023) dalam laga yang berakhir imbang 2-2. (AFP/Andy Buchanan)

Satu gol yang disumbangkan Kyogo Furuhashi pada ajang Liga Champions 2024/2025 ini menjadi modal berharga pemain berusia 26 tahun tersebut untuk mengarungi perjuangan musim ini bersama Celtic FC.

Jika dibandingkan dengan kontribusi Daizen Maeda, Furuhashi memang kalah mentereng. Sejauh ini, pemain yang direkrut dari Vissel Kobe ini baru menghasilkan dua gol dan satu assist.

Jika performanya terus menanjak selama periode September ini, bukan tidak mungkin pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, bakal kembali memberikan kesempatan untuk kembali membela Samurai Biru.

Pelatih inilah yang memberinya kepercayaan untuk mengukir debut pada medio November 2019 lalu. Dari total 21 laga di bawah asuhan Moriyasu, Furuhashi sudah menyumbang lima gol dan dua assist. 

 

4 dari 4 halaman

Capaian Luar Biasa

Timnas Jepang ketika akan menghadapi Bahrain dalam laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (10/9/2024) malam WIB. (Mazen Mahdi / AFP)

Timnas Jepang menjadi salah satu kontestan yang mengukir performa paling istimewa pada dua laga laga pertama pada putaran ketiga ini. Mereka sukses mengamankan dua kemenangan penting melawan China (7-0) dan Bahrain (5-0).

Artinya, skuad Samurai Biru jadi kontestan paling produktif dengan total 12 gol dari dua laga pertama. Gawangnya juga masih belum kebobolan. Saat ini, Jepang berada di puncak klasemen Grup C dengan koleksi enam poin.

Sementara itu, Timnas Indonesia yang menahan imbang Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0) berada di peringkat keempat dengan koleksi dua poin. Namun, duel melawan Jepang memang masih cukup lama bagi skuad Garuda.

Anak asuh Shin Tae-yong baru akan menantang Samurai Biru pada matchday kelima, tepatnya pada 15 November 2024. Partai ini rencananya bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan.   

Berita Terkait