Punya Kesempatan Bela Irlandia, Ternyata Ini yang Membuat Sandy Walsh Justru Ngebet Bela Timnas Indonesia

oleh Hery Kurniawan diperbarui 22 Sep 2024, 17:00 WIB
Sandy Walsh mencium bendera Merah Putih di depan wartawan usai pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (17/11/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Sandy Walsh memiliki latar belakang yang menarik. Walsh memiliki darah Indonesia, Belanda dan Irlandia. Walsh pun memiliki kesempatan membela tiga negar itu. Namun, pada akhirnya pemain satu ini memilih Timnas Indonesia.

Ada satu momen Sandy Walsh begitu dengan dengan Timnas Irlandia. Ada tawaran yang datang dari mereka untuk pemain yang kini berusia 29 tahun itu.

Advertisement

Namun, Sandy Walsh menolak tawaran itu. Ia merasa kedekatannya dengan Irlandia tidak seperti yang ia rasakan ketika dengan Indonesia.

"Dan itu benar, bahwa disaat yang bersamaan, Indonesia dan Irlandia mendatangi saya dan sejujurnya hubunganku dengan Irlandia setelah berlibur ke sana satu kali tidak pernah sedekat hubungan saya dengan kakek dan nenek saya yang dari Indonesia," ujar Walsh di PODCAST SANDY WALSH x MILLS SPORT The Next Level EPISODE 2.

2 dari 4 halaman

Pilihan Mudah

Bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh dalam sesi konferensi pers jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam di ruang konferensi pers Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024) siang WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuard)

Sandy Walsh resmi menjadi WNI pada 2022. Saat itu ia disumpah bersama dengan pemain keturunan yang lain, Jordi Amat.

Sandy Walsh merasa memilih Indonesia terasa sangat mudah. Sebab, sang kakek dari pihak ibu berasal dari Indonesia dan memiliki hubungan yang sanagt dekat dengannya.

"Jujur saja pilihannya lumayan mudah. Hubungan saya dengan kakek saya sangat dekat. Dia layaknya sahabatku dan menonton sepak bola bersama," katanya.

"Mendukung klub yang sama, Chelsea. Saya mendukung Chelsea bersamanya dan kami mengalami saat-saat sulit, tapi kamu harus terus hadapi," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Meninggal Dunia

Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh (kiri) mengumpan bola di depan pemain Irak, Ahmed Yahya pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Sayangnya, kakek Sandy Walsh sudah meninggal dunia. Walsh pun kerap merasa sedih ketika mengingat momen bersama sang kakek.

Namun, Sandy Walsh berusaha untuk tetap bersemangat dan terus mengingat mendiang sang kakek ketika bermain untuk Timnas Indonesia.

"Tapi setelah kakek meninggal, itu adalah momen yang sulit dalam hidupku juga dan bermain untuk Indonesia terasa seperti aku bermain untuknya," ujar Walsh.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

10 Oktober: Bahrain Vs Indonesia

15 Oktober: China Vs Indonesia

Berita Terkait