BRI Liga 1: Tanpa 3 Pilar Utama, Persik Siap Merebut Berkah Stadion Manahan dari Tangan Persis

oleh Gatot Sumitro diperbarui 22 Sep 2024, 21:30 WIB
Riyatno Abiyoso membawa semangat baru, setelah dipinjamkan Persik ke Madura United musim lalu. (Bola.com/Gatot Sumitro)

Bola.com, Solo - Stadion Manahan merupakan tempat yang penuh berkah bagi Persik Kediri. Pada pekan kedua BRI Liga 1 2024/2025, Macan Putih mengalahkan PSS 2-0 di venue ini. Ramiro Fergonzi dkk. ingin mengulangi momen itu saat dijamu Persis, Senin (23/9/2024).

"Dalam sebulan kami dua kali main di Manahan. Ini membuat kami sangat familiar dan punya chemistry bagus dengan stadion ini. Kami berharap bisa mengalahkan Persis, seperti saat kami menang atas PSS lalu," kata Marcelo Rospide.

Advertisement

Namun, lanjut pelatih asal Brasil itu, melawan Persis tentu sangat berat. Karena tuan rumah punya pemain bagus dan akan mendapat dukungan suporter fanatiknya.

"Melawan Persis berbeda dengan PSS. Persis punya banyak keuntungan. Materi pemain bagus dengan para fans fanatiknya," ujar sambil menyebut Ramadhan dan Moussa Sidibe sebagai sosok berbahaya dari kubu Persis.

 

2 dari 4 halaman

Kendala Internal

Ousmane Fane bakal jadi kekuatan baru Persik di BRI Liga 1 2024/2025.(Bola.com/Gatot Sumitro)

Persik juga punya kendala internal cukup serius. M. Supriadi yang mencetak gol ke gawang PSS bersama Ramiro Fergonzi mengalami cedera. Begitu pula Majed Osman. Sementara gelandang asal Prancis, Ousmane Fane mendapat akumulasi kartu kuning.

"Ketiganya pemain penting bagi kami. Saya harus membuat skema baru. Liga 1 sangat ketat. Sehingga tiap pertandingan selalu sulit diprediksi. Tapi kami siap beri kejutan nanti," ucapnya.

Absennya Supriadi bisa jadi peluang besar bagi Hugo Samir tampil penuh. Apalagi putra Jacksen Tiago ini jebolan Persis. Sedangkan Rohit Chand yang dalam pertandingan sebelumnya jadi cadangan Ousmane Fane bakal tampil sejak menit awal.

3 dari 4 halaman

Evam Dimas Pemulihan

Sementara Evan Dimas yang meskipun sudah berlatih kembali bersama tim di sesi latihan terakhir sebelum keberangkatan ke Solo, namun tidak dibawa karena masih dalam proses pemulihan.

"Sebagai sebuah grup dan kesatuan, saya cukup puas karena beberapa pemain mampu mengisi peran yang ditinggalkan pemain lain dengan baik. Riyatno Abiyoso bisa jadi pengganti Supriadi. Begitu juga Dede Sapari yang menjalani debutnya dengan baik juga dan bisa menambah opsi di bek kiri," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Kompetitif

Sejak dibekuk Bali United pada laga perdana, Persik tak terkalahkan dalam empat laga beruntun. Rekor inilah yang akan dijaga anak-anak Persik.

"Kami punya catatan yang cukup baik dengan tidak terkalahkan di empat laga terakhir. Tetapi sekali lagi saya terus mengingatkan kepada seluruh pemain bahwa Liga Indonesia sangat kompetitif dan setiap laganya sangatlah berat. Setiap pekannya kami bertemu tim dengan pemain yang sangat baik termasuk juga kontra Persis Solo nanti," pungkasnya.

Berita Terkait