Pandangan Pengamat Soal Pemain yang Bersinar di BRI Liga 1: Layak untuk Timnas Indonesia, Piala AFF Momentumnya

oleh Ana Dewi diperbarui 23 Sep 2024, 10:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Malik Risaldi berusaha melewati pemain Tanzania saat laga uji coba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (02/06/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Nama Malik Risaldi belakangan ramai menjadi perbincangan publik sepak bola Tanah Air. Latarnya tak lepas dari aksi gemilang yang ditunjukkan saat membela Persebaya Persebaya di BRI Liga 1 2024/2025.

Pemain berusia 27 tahun itu tampil apik saat membantu timnya melibas Persis Solo 2-1 pada pekan kelima Liga 1, Rabu (18/9/2024). Malik Risaldi memperlihatkan kelasnya dengan memborong dua gol pada laga itu.

Advertisement

Sempat absen dalam tiga laga awal karena cedera, pemain yang musim lalu berkostum Madura United itu perlahan mulai moncer bersama Bajul Ijo. Malik Risaldi kini telah mencatat 165 menit bermain di kompetisi musim ini.

Penyerang kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu jadi satu di antara pemain yang cukup produktif bersama Madura United musim lalu. Malik Risaldi mampu mengepak 11 gol plus empat assist dalam 33 pertandingan.

2 dari 4 halaman

Kesempatan Dilirik STY

Pemain anyar Persebaya, Malik Risaldi. (Dokumentasi Persebaya)

Kalau tampil konsisten, bukan tidak mungkin Malik Risaldi kembali dilirik Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Opini ini disampaikan pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto.

"Dengan seringnya Shin Tae-yong menyaksikan langsung kompetisi pastinya ada tujuan untuk melihat seluruh pemain lokal yang tampil di Liga 1, termasuk Malik Risaldi," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Minggu (22/9/2024) siang.

"Semua pemain mempunyai kesempatan asalkan bisa menampilkan performa terbaik sesuai dengan yang coach Shin inginkan," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Pantau Liga 1

Pemain Timnas Indonesia, Malik Risaldi memasuki lapangan pertandingan saat laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (02/06/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Shin Tae-yong bersama jajaran stafnya memang sudah beberapa kali menonton pertandingan BRI Liga 1 2024/2025. Arsitek asal Korea Selatan itu memantau pemain potensial untuk bergabung dalam skuad Garuda.

Setidaknya ada dua partai yang ditonton Shin Tae-yong bersama para asistennya seperti Cho Byung-kuk, Yeom Ki-hun, Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, Kim Jong-jin, dan penerjemah, Jeong Seok-seo.

Ketika itu, arsitek berusia 53 tahun itu menonton laga pekan ketiga Liga 1 antara Persija Jakarta versus Persis Solo di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (24/8/2024) malam WIB.

Shin Tae-yong juga hadir menyaksikan duel Malut United kontra Persebaya Surabaya pada matchday kedua di Stadion Madya, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2024.

 

4 dari 4 halaman

Bisa Dicoba di Piala AFF

Meskipun demikian, Erwan Hendarwanto memiliki pandangan tersendiri terkait para pemain yang selama ini tidak masuk skuad langganan Timnas Indonesia. Seperti diketahui, dalam waktu dekat Garuda akan melanjutkan perjuangan di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jay Idzes dkk. dijadwalkan bertandang ke markas Timnas Bahrain di Bahrain National Stadium (10/10/2024). Setelah itu bersua Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium (15/10/2024).

"Saya kira untuk memberikan kesempatan pemain-pemain seperti Malik Risaldi sangat terbuka, namun untuk ajang Kualifikasi Piala Dunia saya kira masih terlalu berat mengingat jam terbang internasional belum begitu banyak," kata Erwan Hendarwanto.

"Mungkin melalui proses ajang Piala AFF terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan pengalaman. Bukan mengecilkan pemain-pemain lokal yang ada, namun tensi tinggi di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia memang butuh pemain yang cukup pengalaman di ajang internasional," lanjutnya.

Berita Terkait