4 Fakta Pelatih Baru Australia, Tony Popovic: Begini CV-nya, Waspadalah Timnas Indonesia

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 23 Sep 2024, 17:25 WIB
Tony Popovic, pelatih Timnas Australia. (Sumber Foto: aleagues.com)

Bola.com, Jakarta - Football Australia resmi menunjuk Tony Popovic sebagai pelatih baru Timnas Australia, Senin (23/9/2024). Ia didapuk menggantikan Graham Arnold yang mengundurkan diri pada Jumat (20/9/2024). 

Arnold memutuskan mundur setelah The Socceroos kalah 0-1 dari Bahrain dan hanya bermain 0-0 melawan Timnas Indonesia. 

Advertisement

Dua hasil buruk tersebut membuat posisi Australia jauh dari meyakinkan untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Setelah ini, mereka akan menghadapo China pada 10 Oktober dan menjalani tandang yang sangat sulit ke markas Jepang.

Australia harus finis di peringkat dua teratas di Grup C jika ingin mengamankan tiket langsung ke Piala Dunia 2026. Jika tidak, mereka berpotensi harus menjalani babak keempat kualifikasi.  

Mampukah Tony Popovic membawa Timnas Australia lolos langsung ke Piala Dunia 2026? Sebelum menghitung peluangnya, mari kita tengok curriculum vitae (CV) alias rekam jejak  Tony Popovic berikut ini. 

2 dari 5 halaman

1. Prestasi Selama Jadi Pelatih

Tony Popovic, pelatih kepala yang baru ditunjuk untuk timnas Australia, berbicara dalam sebuah konferensi pers di Sydney pada 23 September 2024. Football Australia menunjuk mantan bek Crystal Palace, Tony Popovic, sebagai pelatih Socceroos yang baru pada 23 September, menugaskannya untuk menyelamatkan kampanye kualifikasi Piala Dunia mereka yang goyah. (DAVID GREY/AFP)
  • Kesusesan di A-League: Dia menjuarai dua gelar A-League Premiership, pertama bersama Western Sydney Wanderers FC pada 2012/2023 dan kemudian bersama Perth Glory FC pada 2018/2019. Pada musim 2023/24, Popovic membawa Melbourne Victory FC ke Grand Final.
  • Juara Liga Champions Asia: Pada 2014, Popovic membawa Western Sydney Wanderers FC menjadi tim pertama dari Australia yang menjadi juara Liga Champions Asia.
  • Gelar Australia Cup: Pada 2022, Popovic juga mengangkat trofi Australia Cup 2021 bersama Melbourne Victory. 
  • Pelatih Terbaik AFC: Kesuksesannya di Asia divalidasi dengan didapuk menjadi Pelatih Terrbaik Asia pada 2014.

 

 

3 dari 5 halaman

Karier di Timnas Australia

Sebelum sukses sebagai, Popovic memiliki karier yang menjanjikan. 

Internasional: Ia mengoleksi 58 caps untuk Socceroos sejak 1995 hingga 2006. Popovic juga menjadi bagian skuad Australia untuk Piala Dunia 200.

 

4 dari 5 halaman

Karier Klub

Popovic bermain profesional di Australia (Sydney United, Canberra FC, Sydney FC), Jepang ( Sanfrecce Hiroshima), Inggris (Crystal Palace), dan Qatar (Al Arabi).

Banyak yang menyebut highlight kariernya adalah ketika memperkuat klub Premier League, Crystal Palace, sejak 2001 hingga 2006. 

 

5 dari 5 halaman

Kepemimpian dan Inovasi

Popovic dikenal karena kemampuannya membangun tim sukses dari awal. Dia memimpin Western Sydney Wanderers FC meraih kesuksesan luar biasa di musim perdana (2012/2013), menyabet gelar Liga Utama dan dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik A-League Tahun Ini.

Menurut pihak Footbal Australia, Ketajaman taktis, keterampilan kepemimpinan, dan pengalamannya di sepak bola domestik dan internasional membuat Tony Popovic adalah pilihan ideal untuk memimpin Socceroos ke babak berikutnya dalam kompetisi internasional.

Sumber: Socceroos 

Berita Terkait