Liga Spanyol: Barcelona Incar Ederson, Saingi MU dan Newcastle United

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 23 Sep 2024, 17:45 WIB
Liverpool sudah mengetahui kualitas Ederson saat Atalanta menyingkirkan The Reds dalam ajang Liga Europa. Saat ini Ederson memiliki kontrak dengan Atalanta sampai tahun 2027 mendatang. Pemain berusia 25 tahun itu bisa menjadi tambahan berkualitas untuk lini tengah Liverpool asuhan Arne Slot. (FOTO: instagram.com/ederson99/)

Bola.com, Jakarta Barcelona dikabarkan sedang memantau gelandang muda asal brasil, Ederson yang kini bermain untuk Atalanta. Barcelona berencana untuk mengajukan tawaran pada bursa transfer musim panas 2025.

Ederson, yang bergabung dengan Atalanta dari Salernitana pada 2022, memiliki kontrak hingga Juni 2027. Meski demikian, rumor kepergiannya terus berembus, terutama setelah musim yang impresif bersama klub Italia tersebut.

Advertisement

Menurut laporan dari TNT Sports, Barcelona kini berada dalam persaingan untuk mendapatkan tanda tangan gelandang ini.Musim ini Ederson menjadi pemain penting bagi Atalanta dengan menorehkan enam penampilan dan satu assist pada seluruh kompetisi.

Performa solidnya pada lini tengah permainan terus menarik perhatian klub-klub besar. Dalam pertandingan pembuka Liga Champions 2024/2025 melawan Arsenal.

Dilansir WhoScored, Ederson menunjukkan penampilan yang apik dengan tingkat keberhasilan umpan mencapai 86%, serta mencatatkan satu tekel dan dua dribel sukses.

2 dari 4 halaman

Incaran MU

Gelandang Atalanta #13 Ederson Jose Dos Santos Lourenco da Silva (kanan) mengontrol bola di depan gelandang Marseille #19 Geoffrey Kondogbia (tengah) pada duel leg pertama semifinal Liga Europa 2023/2024 di Stade Velodrome, Jumat (3/5/2024) dini hari WIB. (Sylvain THOMAS / AFP)

Barcelona memang sangat membutuhkan tambahan kekuatan di lini tengah, terutama dengan masa depan Frenkie de Jong yang masih menjadi tanda tanya.

Cedera jangka panjang yang dialami Gavi, Fermin Lopez, dan Marc Bernal membuat skuad asuhan Hansi Flick kekurangan opsi di lini tengah.

Ederson dipandang sebagai kandidat ideal untuk mengisi kekosongan tersebut.Manchester United sebelumnya sempat dikaitkan dengan Ederson saat mereka mencari alternatif setelah kesepakatan dengan Manuel Ugarte terhambat.

Namun, klub berjulukan Setan Merah itu akhirnya mencapai kesepakatan dengan Paris Saint-Germain untuk merekrut gelandang Uruguay tersebut.

3 dari 4 halaman

Newcastle United Juga

Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham (kanan) berduel udara dengan gelandang Atalanta, Ederson pada laga Piala Super Eropa 2024 di Narodowy Stadium, Warsawa, Polandia, Rabu (14/8/2024). (AP Photo/Darko Bandic)

Sementara itu, Newcastle United juga dilaporkan tertarik, namun tidak dapat memenuhi persyaratan finansial yang diminta Atalanta.

Dengan ketertarikan dari berbagai klub, Ederson semakin menunjukan kualiatasnya sebagai salah satu gelandang terbaik di Serie A. Dilansir oleh transfermarket nilai pasar Ederson yang mencapai £33.5 juta.

Barcelona diperkirakan akan memperkuat lini tengah mereka pada bursa transfer mendatang, dan Ederson tampaknya menjadi salah satu target utama mereka.

4 dari 4 halaman

Catatan Gemilang

Bersama Atalanta, Ederson telah tampil dalam 96 pertandingan, mencetak delapan gol dan memberikan tiga assist. Kinerjanya di Serie A dan Liga Champions semakin menegaskan bahwa ia siap untuk melangkah ke level yang lebih tinggi, dan Barcelona kini berharap bisa menjadi destinasi berikutnya dalam karier sang gelandang.

Dengan masih adanya waktu hingga bursa transfer dibuka, spekulasi terkait masa depan Ederson dipastikan akan terus berkembang.

Namun, Barcelona kini menjadi salah satu tim yang serius mempertimbangkan untuk membawa pemain Brasil tersebut ke Camp Nou musim panas mendatang.

 

Penulis: Lutfi Galih Pawening (Magang MSIB 7 2024)

Berita Terkait