MU Bidik Wonderkid Sunderland: Disebut-sebut Jadi Penerus Roy Keane

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 23 Sep 2024, 18:45 WIB
Aksi gelandang Inggris, Chris Rigg (tengah) dikawal dua pemain Uzbekistan pada 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion JIS, Jakarta, Rabu (22/11/2023) sore WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) dikabarkan tengah berusaha untuk mengamankan tanda tangan gelandang muda Sunderland, Chris Rigg. Pemain berusia 17 tahun itu dianggap sebagai salah satu talenta terbaik di sepak bola Inggris saat ini.

Advertisement

Tak hanya MU, beberapa klub besar, seperti Manchester City, Liverpool, Chelsea, Barcelona, hingga Real Madrid juga dikaitkan dengan Chris Rigg. Namun, menurut laporan dari HITC Sport, MU paling berhasrat membawanya ke Old Trafford.

Upaya The Red Devils untuk mendatangkan Rigg tampaknya tidak akan mudah. Raksasa Jerman, Borussia Dortmund, kabarnya juga turut serta dalam perburuan pemain muda Inggris yang kerap disebut 'the Next Roy Keane' itu.

Terlebih tim asal Jerman ini terkenal dengan kesuksesan mengembangkan pemain-pemain muda, seperti Jude Bellingham yang kariernya melonjak tajam setelah datang ke Dortmund pada 2020.

Untuk memuluskan transfer ini, MU dikabarkan sudah melakukan pendekatan pada musim panas lalu untuk mendapatkan Chris Rigg.

Namun, sang pemain lebih memilih bertahan bersama Sunderland untuk menandatangani kontrak profesional pertama hingga Juni 2027.

2 dari 5 halaman

Statistik Chris Rigg Musim Ini

Pemain timnas Inggris U-17, Chris Rigg (kiri) terjatuh usai dijegal oleh Ollabergan Karimov (Uzbekistan) saat pertandingan babak 16 besar Piala Dunia FIFA U-17 di Jakarta International Stadium, Rabu, 22 November 2023. (AP Photo/Dita Alangkara)

Meski masih berusia 17 tahun, Chris Rigg memperlihatkan potensinya dengan tampil ciamik serta konsisten bersama Sunderland. Musim ini saja Rigg telah mencatatkan tujuh penampilan bersama The Black Cats.

Kerennya lagi, saat kemenangan Sunderland atas Middelsbrough pada Sabtu (21/9/2024), Rigg mencatatkan gol pertama musim ini. Gol itu seakan menjadi penanda jika Rigg menuju performa terbaik untuk musim ini.

"Gol pertama saya musim ini dan semoga akan ada lebih banyak lagi. Saya tidak mencetak cukup banyak gol tahun lalu, dan saya bekerja keras untuk memperbaikinya," ujar Rigg setelah laga kontra Middlesbrough.

Dalam kariernya bersama Sunderland, Rigg sudah bermain sebanyak 32 laga dan mencetak empat gol. Catatan yang boleh dibilang impresif untuk pemain seusianya, terlebih untuk pemain di kasta kedua Liga Inggris, Championship.

3 dari 5 halaman

Tantangan dari Sunderland

MU disinyalir akan lebih berhasrat untuk mendatangkan pemain muda potensial incaran mereka. Kegagalan MU untuk mendatangkan Jude Bellingham yang saat itu lebih memilih Borussia Dortmund, menjadi pelajaran berharga bagi The Red Devils untuk lebih serius dalam transfer pemain muda potensial.

MU dikabarkan tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama dengan Rigg. Bagi MU, Chris Rigg dapat menjadi jenderal lini tengah untuk masa depan, bahkan berpotensi menjadi partner sempurna bagi Kobbie Mainoo di lini tengah MU.

Namun, Sunderland tampaknya tidak akan melepas bintangnya dengan mudah. Meskipun begitu, sebuah laporan menyebut bahwa The Black Cats teruka untuk menerima tawaran dari klub-klub besar.

Sebuah kesepakatan bisa saja terjadi pada jendela transfer Januari mendatang, dengan potensi kepindahan yang baru akan terealisasi pada musim panas 2025.

4 dari 5 halaman

Harus Bergerak Cepat

Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Peluang bagi Manchester United (MU) untuk mendatangkan Chris Rigg bisa aja menipis, mengingat makin banyak klub-klub besar Eropa yang berminat untuk merekrutnya.

Jika Sunderland hanya mampu bertahan di Championship atau bahkan degradasi ke kasta ketiga, maka masa depan Rigg di Stadium of Light mungkin akan semakin sulit untuk dipertahankan.

Dalam situasi ini, Manchester United tampaknya harus bergerak cepat dan taktis. Klub berjuluk Setan Merah tidak boleh kehilangan talenta muda lagi, terutama sekelas Chris Rigg.

Terlepas dari kontrak panjang di Sunderland, minat klub-klub besar Eropa lain juga membuat masa depannya menuju Old Trafford penuh ketidakpastian. Namun yang pasti,  karier Chris Rigg harus berkembang di level tertinggi sepak bola Eropa.

Sumber: Sportsmole

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait