5 Pemain Diaspora Timnas Indonesia yang Krisis Menit Bermain: Marselino dan Arhan Perlu Turunkan Gengsi, Susul Asnawi ke Thailand Realistis!

oleh Choki Sihotang diperbarui 24 Sep 2024, 06:15 WIB
Ilustrasi - Marselino Ferdinan - Oxford United, Nathan Tjoe - Swansea City (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Pelatih Oxford United, Des Buckingham, di mana Marselino Ferdinan melanjutkan karier, belum bisa memastikan kapan bingang Timnas Indonesia melakoni debut.

Sejak direkrut pada medio Agustus lalu, penyerang 20 tahun itu belum mendapatkan kesempatan tampil dalam balutan jersey The Yellows, julukan Des Buckingham.

Advertisement

Tak hanya Marselino Ferdinan, rakyat Indonesia, khususnya pecinta timnas, sudah tak sabar ingi melihat aksi idolanya di Liga Inggris.

Hanya saja, keinginan tersebut belum terealisasi karena Des Buckingham selaku juru taktik sejauh ini belum melirik Marselino Ferdinan.

Belum lama ini, Des Buckingham seakan memberikan sinyal agar Marselino Ferdinan panjang sabar dan terus bekerja keras dalam sesi latihan.

Dengan kata lain, Marselino Ferdinan masih masuk daftar antrean yang tak pendek mengingat Des Buckingham punya cukup banyak stok di lini serang macam Shemmy Placheta, Matt Philips, Kyle Edwards, Siriki Dembele, Owen Dale, dan Malcolm Ebiowei.

"Kalau Anda mendapat banyak pemain baru dan Anda melihatnya hampir di setiap musim tim berkembang, para pemain itu sangat bekerja keras untuk agar bisa mendapatkan tempat," kata Des Buckingham mengatakan via kanal YouTube klub.

2 dari 4 halaman

Perlu Turunkan Gengsi

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan kini menjadi pemain baru Oxford United mulai musim 2024/2025. (Bola.com/Dok Oxford United)

Sekarang kembali kepada Marselino Ferdinan. Sembari menanti panggilan, ada baiknya sang wonderkid terus mengasah kemampuan dan skilnya. Akan tiba saatnya, Marselino Ferdinan akan unjuk aksi.

Ada baiknya pula Marselino Ferdinan meniru kesabaran Ragnar Oratmangoen. Penyerang 26 tahun ini baru saja usai melakoni debutnya di kasta kedua Belgia bersama klubnya FC Dender.

Meski turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-59, Ragnar Oratmangoen pastinya pastinya tersanjung karena tampil dalam lanjutan Liga Pro Belgia 2024/2025, Minggu (22/9/2924).

Sayang, FC Dender kalah 0-4 saat bertandang ke kandang KRC Genk, Stadion Cegeka Arena. Belum bisa dipastikan apakah Ragnar Oratmangoen bakal tampil kembali pada laga selanjutnya, mengingat pelatih Vincent Euvrard memiliki banyak opsi di lini depan.

Marselino juga bisa melihat Asnawi Mangkualam yang selalu bermain 90 menit bersama Port FC.

3 dari 4 halaman

Nasib Elkan dan Nathan

Ilustrasi - Ragnar Oratmangoen (jersey Cadiz), Elkan Baggott (Ipswich), Marselino Ferdinan (jersey Oxford United), Nathan Tjoe-A-On (Swansea) (Bola.com/Adreanus Titus)

Kembali ke Liga Inggris, pemain Timnas Indonesia lainnya yang juga masih terlihat kesulitan musim ini adalah Elkan Baggott serta Nathan Tjoe-A-On.

Elkan Baggott kudu menepi dalam waktu yang cukup lama, menyusul cedera yang menderanya saat latihan. Lantaran cedera, si jangkung itu harus absen dalam empat laga sebelumnya tak bisa memperkuat Blackpool FC.

Pelatih Blackpool FC, Steve Bruce, menyatakan Elkan Baggott saat ini harus mengenakan sepatu khusus guna menopang tubuhnya.

"Ia menjalani perawatan selama seminggu ke depan, selanjutnya menjalani rehabilitasi. Diperkirakan, kami kehilangan dia selama satu bulan," kata Steve Bruce.

Lantas, ada pula dengan Nathan Tjoe-A-On? Memasuki pekan keenam, Nathan Tjoe-A-On belum juga tampil sebagai starter atau mendapatkan banyak menit bermain di ajang Championship 2024/2025.

Nathan Tjoe-A-On tampil saat timnya bentrok kontra Preston Norrth yang berakhir dengan kemenangan 3-0. Akan tetapi, Tjoe-A-On hanya bermain selama dua menit setelah dimasukkan pada menit ke-88.

4 dari 4 halaman

Shayne dan Arhan Perlu Perjuangan

Nasib serupa dialami Shayne Pattynama dan Pratama Arhan. Shayne yang memperkuat klub kasta kedua Liga Belgia, K.A.S Eupen, sedikit sekali dimainkan. Ia biasanya diturunkan di menit-menit akhir.

Lebih sedih lagi melihat Pratama Arhan. Semenjak debutnya di Suwon FC berujung kartu merah, namanya tak pernah masuk daftar susunan pemain.

Rakyat Indonesia terus menanti sembari berharap, Marselino Ferdinan dkk. bisa secepatnya unjuk aksi bareng timnya masing-masing.

Jika mendapat banyak kesempatan, maka itu menjadi modal mereka untuk mengarungi lanjutan laga Grup C putaran ketiga Kualifkasi Piala Dunia 2026 zona Asia dimana pada 10 dan 15 Oktober mendatang pasukan Shin Tae-yong menantang Bahrain serta China.

Berita Terkait