PT LIB Melabeli Kerusuhan Bobotoh Sebagai Insiden Memalukan dan Merusak Citra Sepak Bola Nasional

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 24 Sep 2024, 09:36 WIB
Ribuan fans Persib Bandung atau sering disapa Bobotoh memadati kediaman Umuh Muchtar saat merayakan gelar juara BRI Liga 1 2023/2024 di Tanjungsari, Sumedang, Minggu (02/06/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) melabeli kerusuhan suporter Persib Bandung, Bobotoh, setelah melawan Persija Jakarta sebagai insiden memalukan dan merusak citra sepak bola nasional.

Kericuhan terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Senin (23/9/2024) petang WIB, karena sejumlah Bobotoh menyerbu lapangan untuk menyerang dan memukuli petugas keamanan.

Advertisement

"PT LIB dengan tegas mengecam keras insiden memalukan di Bandung pada Senin (23/9/2024)," tulis PT LIB dalam situsnya.

"Tindakan anarkistis yang dilakukan oleh oknum suporter tersebut tidak hanya merugikan klub, tetapi juga merusak citra sepak bola nasional," lanjut PT LIB.

2 dari 4 halaman

Dugaan Penyebab

Striker Persija Jakarta, Gustavo Almeida mendapatkan penjagaan ketat dari bek Persib Bandung, Nick Kuipers dalam laga pekan keenam BRI Liga 1 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (23/9/2024). (Dok. Persija)

Dari narasi yang beredar di media sosial, pemicu Bobotoh melakukan kekerasan terhadap steward diduga dilandasi beberapa kejadian setelah Persib keok dari klub Thailand, Port FC, 0-1 dalam Liga Champions Asia (ACL) 2, di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (19/9/2024).

Ketika itu, seorang pendukung Persib yang melampiaskan kekesalan terhadap Henhen Herdiana dkk. diamankan oleh steward dan dibawa ke ruang ganti pemain dan dikabarkan mendapatkan intimidasi dari ofisial tim berjulukan Pangeran Biru itu.

Selain itu, tersiar kabar di media sosial bahwa Bobotoh perempuan mendapatkan pelecehan verbal dari petugas keamanan. Dugaan itu juga tercium oleh Kapolresta Bandung, Kombes Pol. Kusworo Wibowo.

3 dari 4 halaman

Ungkapan PT LIB

"Dengan tegas kami sangat menyesalkan munculnya insiden tersebut," ungkap Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, mengenai kerusuhan Bobotoh.

"Kami berharap kejadian serupa tidak terulang kembali di masa mendatang. Ini menjadi pelajaran penting bagi semua pihak."

"Kepada seluruh suporter, kami mengimbau untuk selalu menjaga ketertiban dan sportivitas dalam mendukung tim kesayangan," ujar Asep.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Berita Terkait