Penantian Panjang Berbuah Manis, Eliano Reijnders Tak Sabar Berseragam Timnas Indonesia

oleh Choki Sihotang diperbarui 24 Sep 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi - Si Paling Versatile Eliano Reijnders (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sekejap lagi, Eliano Reijnders akan segerea mewujudkan mimpinya mengenakan jersey kebanggaan Timnas Indonesia. Jika tak ada aral melintang, pesepak bola serbabisa berdarah Ambon, Maluku, kelahiran Finlandia, 23 Oktober 2000 ini akan mengantongi KTP Indonesia via program naturalisasi yang masih terus digeber PSSI.

"Saya sudah tidak sabar," ujarnya.

Advertisement

Itu artinya, Eliano Reijnders bakal bergabung bersama Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong, yang sekaligus menyudahi penantian satu setengh tahun untuk bisa memperkuat Tim Garuda.

Eliano Reijnders dipastikan masuk starting XI dalam dua laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 dan 15 Oktober 2024 melawan Bahrain dan China.

Kedatangan pilar PEC Zwolle ini tentu membuat Timnas Indonesia makin percaya diri setelah dalam dua laga sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi dan 0-0 saat menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

2 dari 3 halaman

Penantian Panjang Berbuah Manis

Pemain keturunan Timnas Indonesia, Eliano Reijnders. (Dok. Pro Shots/Niels Boersema)

Bermain di kasta teratas Liga Belanda, Eredivisie, seperti halnya dua pemain Timnas Indonesia lainnya, yakni Calvin Verdonk dan Thom Haye, pastinya membaut Bahrain dan China bakal menghadapi masalah besar.

Eliano Reijnders bernazar memberikan semua yang ada padanya demi mengantarkan Timnas Indonesia ke pentas Piala Dunia 2026.

"PSSI sudah satu setengah tahun mengurus prosesnya, atau lebih lama dari itu sebenarnya," ujar Eliano Reijnders, terkait proses naturalisasinya yang cukup lama.

Penantian panjang akhirnya berbuah manis. Adik gelandang Timnas Belanda dan AC Milan, Tijjani Reijnders, akan segera bermain di bawah panji-panji keramat Merah-Putih.

"Ini menjadi sesuatu yang indah untuk diri saya dan juga Indonesia," ujar Eliano Reijnders.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Eliano Reijnders. (Bola.com/Dok.Instagram Eliano Reijnders).

Bermain untuk negeri leluhurnya membuat Eliano Reijnders merasa bangga dan siap bermain sepenuh hati bersama Timnas Indonesia.

"Kebanggaan bisa membela negara yang indah, di mana opa dan mama saya berasal. Indonesia adalah negara yang gila sepak bola dan semua orang sangat mencintai sepak bola," ujar Eliano Reijnders.

Menurutnya, kini Timnas Indonesia tidak boleh dipandang sebelah mata. Terbukti dua gurita Asia langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia, sudah merasakan betapa tangguh Timnas Indonesia.

"Sekarang Indonesia bukan lagi tim yang mudah untuk dilawan, dan tahun-tahun mendatang akan benar-benar mengubah cara pandang negara lain untuk menghadapi kita," ujar Eliano Reijnders.

Kalau Eliano Reijnders sudah bersabda, Bahrain dan China sepertinya bakal menjadi santapan empuk Timnas Indonesia. Mantap!

Sumber: YouTube OBRI Yussa Nugraha

Berita Terkait