Ketika Karier Pratama Arhan di Luar Negeri Tidak Menjanjikan, Pindah dari Jepang ke Korea Selatan Masih Belum Menolong

oleh Choki Sihotang diperbarui 25 Sep 2024, 08:30 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi Pratama Arhan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pratama Arhan masih terus menghitung hari tanpa kepastian bermain bareng klub barunya, Suwon FC. Sejak bergabung pada medio Januari lalu, winger 21 tahun itu masih masuk daftar antrean di bangku cadangan.

Sebagai pemain muda berbakat dengan skill serta kualitas yang ia buktikan di Timnas Indonesia, Pratama Arhan pastinya ingin segera mendapatkan menit bermain yang banyak di ajang K-League 2024/2025.

Advertisement

Sebuah harapan yang wajar, mengingat Pratama Arhan sosok penting di balik kebangkitan Timnas Indonesia dalam dua tahun terakhir.

Ia ikut mempersembahkan medali emas sepak bola SEA Games 2023, membawa Timnas Indonesia U-23 melesat ke semifinal Piala Asia U-23 2024, dan sukses Skuad Garuda ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia juga tak lepas dari peluh anak Blora kelahiran 21 Desember 2001.

Nama Pratama Arhan juga masuk daftar cadangan saat Indonesia melakoni dua laga Grup C putaran ketiga kualifikasi kontra Arab Saudi dan Australia yang berakhir imbang 1-1 serta 0-0.

Tak dimainkan melawan Arab Saudi, Shin Tae-yong baru memainkan Pratama Arhan dari bangku cadangan kala menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Menggantikan Marselino Ferdinan, ia masuk pada menit ke-80.

 

2 dari 3 halaman

Masih Harus Sabar

Pemain Suwon FC, Pratama Arhan mengejar bola saat berlatih di sela pertandingan uji coba melawan Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (12/02/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di Suwon FC, Pratama Arhan sepertinya memang harus panjang bersabar. Hingga laga ke-31, eks pemain PSIS Semarang itu melakoni debutnya pada 26 Mei.

Dalam lanjutan K-League melawan Jeju United, Pratama Arhan masuk pada menit ke-72. Alih-alih mencetak gol atau paling tidak memberikan assist, Pratama Arhan malah diganjar kartu merah buntut pelanggarannya terhadap pemain lawan.

Tak ada yang tahu, bahkan Pratama Arhan sendiri, kapan ia akan kembali tampil. Yang tahu hanya Tuhan dan pelatihnya, Kim Eun-Joong.

Walau lama diparkir, Pratama Arhan sama sekali tak mengeluh. Hal tersebut dilontarkan sang mertua, Andre Rosiade, kepada wartawan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Andre Rosiade, suami Azizah Salsha tetap semangat menanti kesempatan bermain. "Dia tidak pernah mengeluh. Yang ada dia semangat ingin bisa dapat kesempatan," kata Andre Rosiade.

 

3 dari 3 halaman

Meninggalkan PSIS Sejak 2022

Bek PSIS Semarang, Pratama Arhan melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga ke gawang Persikabo 1973 lewat eksekusi penalti dalam laga matchday ke-2 Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3/2021). PSIS menang 3-1 atas Persikabo 1973. (Bola.com/Arief Bagus)

Pratama Arhan meninggalkan Indonesia pada tahun 2022. Saat itu, ia berstatus pemain muda di PSIS Semarang. 

Dari PSIS, ia hijrah ke tim Liga Jepang, Tokyo Verdy. Setahun bersama Tokyo Verdy, pemain yang sempat mengguncang dunia dengan "lemparan" mautnya itu hanya bermain dalam empat laga.

Pada Januari 2024, Tokyo Verdy melepasnya. Pratama Arhan mencoba tetap tegar. Kepada manajemen dan fans Tokyo Verdy ia mengucapkan salam perpisahan, meski tak banyak kenangan yang ia tinggalkan.

Ia tak akan pernah melupakan, apalagi mengubur setiap momen selama mengenakan jersey kebesaran Tokyo Verdy.

"Terima kasih. Dua tahun yang sangat berharga. Saya ingin mengingat apa yang saya pelajari di Tokyo Verdy dan menerapkannya pada tahap berikutnya," kata Pratama Arhan.

Sayangnya meski pindah ke tim Liga Korea Selatan, Suwon FC, nasib Pratama Arhan, soal menit bermain masih tak kunjung maksimal. 

Tetap semangat, Pratama Arhan!

Berita Terkait