4 Pemain Papan Atas Dunia yang Meramaikan AFC Champions League Elite : Wow, Tantangan Berat untuk Bek Timnas Indonesia

oleh Nurfahmi Budi diperbarui 24 Sep 2024, 16:02 WIB
Bek Johor Darul Ta'zim (JDT) dan Timnas Indonesia, Jordi Amat. (Bola.com/Dok.Facebook JDT).

Bola.com, Jakarta - AFC Champions League Elite musim 2024/2025 sudah bergulir. Ada tim yang mendapatkan hasil memuaskan dan tak menyenangkan. Namun, satu yang layak mendapat catatan, pada periode sekarang, makin banyak bintang-bintang yang berlaga.

Kehadiran beberapa pemain bintang kelas dunia membuat kompetisi ini menjadi lebih menarik. Pemain yang pernah berkarier di Eropa hingga liga kasta tertinggi dunia ikut meramaikan ajang bergengsi antarklub se-Asia tersebut.

Advertisement

Banyak klub Asia yang bersaing untuk mendapat tanda tangan pemain kelas dunia demi meningkatkan kualitas, serta menambah jangkauan penggemar yang lebih luas. Kehadiran mereka membuat AFC Champions League Elite semakin mendapat atensi lebih dari publik. Bukan tidak mungkin, mereka bakal menjadi lawan dari bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, yang membela Johor Darul Ta'zim. 

Berikut adalah pemain kelas dunia yang berlaga di AFC Champions League Elite 2024/2025.

 

2 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak satu gol sekaligus membantu Al Nassr meraih kemenangan 3-0 atas Al Ettifaq pada laga pekan keempat Saudi Pro League musim ini di Al Ettifaq Club Stadium, Sabtu (21/9/2024) dini hari WIB. (dok. Al Nassr)

Cristiano Ronaldo telah mengoleksi lima trofi Liga Champions Eropa. Kapten timnas Portugal ini berharap bisa menambah koleksi gelar dengan memenangkan AFC Champions League Elite musim ini. Tentu saja tak mudah, karena ia wajib bekerja keras, terutama menjaga kebugaran.

Pada Liga Champions Asia musim lalu, CR7 menorehkan enam gol dan membawa Al-Nassr mencapai perempat final. Namun, mereka harus menerima kekalahan dari juara bertahan, Al-Ain, via drama adu penalti.

Ronaldo absen di pertandingan pembuka Al-Nassr melawan Al-Shorta karena sakit. Publik berharap, eks MU dan Real Madrid ini kembali merumput pada laga-laga mendatang. Pada pertandingan berikutnya (1/10/2024), Al-Nassr akan menjamu Al-Rayyan.

 

3 dari 6 halaman

Neymar

Pemain Al Hilal, Neymar (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak assist untuk gol yang dilesatkan oleh Malcom (kedua kiri) pada laga lanjutan Liga Arab Saudi melawan Al Riyadh di Prince Faisal Bin Fahd Stadium, Riyadh, 16 September 2023 dini hari WIB. Laga tersebut merupakan debut Neymar di Al Hilal. (AFP/Fayez Nureldine)

Mantan pemain Barcelona akan kembali meramaikan AFC Champions League Elite 2024/2025. Neymar absen hampir sepanjang musim 2023/2024 karena cedera. Jika sesuai rencana, ia akan kembali bermain saat fase gugur November mendatang.

Para penggemar AFC Champions League Elite harus bersiap menyaksikan performa vintage Neymar mengolah bola. Sayang, sejak berada di Arab Saudi, kiprah Neymar memang tak terlalu menonjol. Penggemar berharap Neymar bisa kembali ke puncak performa pada akhir tahun 2024.

 

4 dari 6 halaman

Joao Cancelo

Sempat dipinjamkan selama setengah musim ke Bayern Munchen pada 2022/2023 dan semusim ke Barcelona musim lalu, bek kanan asal Portugal, Joao Cancelo akhirnya memilih hijrah ke klub Saudi Pro League Al Hilal pada awal musim 2024/2025. Ia dilepas Manchester City dengan nilai transfer 25 juta euro (Rp428 miliar). (Instagram/@jpcancelo)

Joao Cancelo merupakan pemain bintang dengan segudang pengalaman yang meramaikan pentas AFC Champions League Elite musim ini. Publik Asia bakal mendapatkan pelajaran berharga dari penampilan pemain yang sudah makan asam-garam persepakbolaan.

Ia gagal meraih gelar Liga Champions UEFA bersama Manchester City pada musim 2022/2023. Setelah itu, ia berlabuh ke Bayern Munchen dengan status pinjaman dan mengabiskan paruh musim kedua.

Kini, ia memiliki peluang besar untuk memenangkan AFC Champions League Elite. Al-Hilal memiliki skuad dalam. Di sana sudah ada bek tangguh Kalidou Koulibaly, Renan Lodi, Rúben Neves, bomber tajam Aleksandar Mitrovic, Marcos Leonardo, Sergej Milinković-Savic, Yassine Bounou dan Malcom.

Selain itu, terdaftar juga tiga penggawa Timnas Arab Saudi yang menonjol, yakni Mohamed Kanno, Salem Al-Dawsari dan Abdullah Al-Hamdan.

 

5 dari 6 halaman

Oscar

4. Oscar (Chelsea-Shanghai SIPG) - Oscar memilih untuk hengkang dari Chelsea dan bergabung dengan klub China, Shanghai SIPG pada bursa transfer Januari 2017. Shanghai SIPG rela mengeluarkan 60 juta pounds untuk memboyong gelandang asal Brasil ini. (AFP/Hector Retamal)

Mantan pemain Chelsea, Oscar telah berkarier selama delapan tahun di Liga Super China. Pemain asal Brasil ini memang tidak lagi berada di puncak performa. Tapi, ia tetap tampil sebagai nama besar di AFC Champions League Elite. 

Selama bermain untuk Shanghai Port, Oscar telah mencatat 33 penampilan, dengan kontribusi 19 gol. Selama kiprahnya di Asia, Oscr tidak pernah mengangkat trofi Liga Champions.

Pada umurnya yang sudah tidak muda lagi, mungkin musim ini menjadi kesempatan Oscar memenangkan AFC Champions League Elite.

 

6 dari 6 halaman

Riyad Mahrez

Riyad Mahrez didatangkan Manchester City dari sesama klub Premier League, Leicester City pada awal musim 2018/2019. Setelah 5 musim bersama, pada awal musim 2023/2024 saat kontraknya tersisa satu tahun usai perpanjangan kontrak pada 2022/2023, ia memutuskan hengkang ke klub Arab Saudi, Al-Ahli dengan nilai transfer 35 juta euro dengan durasi kontrak selama empat tahun hingga 30 Juni 2027. (twitter.com/ALAHLI_FCEN)

Pemain asal Aljazair ini memiliki catatan impresif di Liga Champions Eropa. Riyad Mahrez memberikan 36 kontribusi gol dalam 66 penampilan saat masih berseragam Manchester City.

Mantan pemain Leicester City ini siap meraih prestasi serupa di AFC Champions League Elite bersama Al-Ahli. Tim ini berhasil lolos ke AFC Champions League Elite untuk kali pertama sejak musim 2020/2021.

Mahrez menjadi andalan membawa Al-Ahli bersaing di kompetisi tertinggi Asia ini. Bukan pekerjaan mudah, karena Mahrez memiliki keterbatasan rekan setim yang tak semuanya merata dari sisi kemampuan serta pengalaman. (Lutfi Galih Pawening)

 

Berita Terkait