Menpora RI Soroti Kerusuhan Selepas Laga Persib Vs Persija: Klub Harus Bisa Kelola Suporter

oleh Hery Kurniawan diperbarui 24 Sep 2024, 16:40 WIB
BRI Liga 1 - Persib Bandung Vs Persija Jakarta (Bola.com/Geaby Fadhilatu Sholikha)

Bola.com, Jakarta - Kejadian tak mengenakkan terjadi selepas pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (23/9/2024). Pertandingan pekan keenam Liga 1 2024/2025 itu diwarnai kerusuhan.

Kerusuhan terjadi selepas pertandingan. Suporter yang hadir terlihat turun ke lapangan dan menyerang pada steward.

Advertisement

Menpora RI, Dito Ariotedjo pun angkat bicara mengenai kejadian itu. Dito bahkan dengan tegas memberikan sorotan kepada manajemen Persib Bandung.

Dito Ariotedjo merasa seharusnya manajemen Persib Bandung bertanggung  jawab atas kejadian itu. Mereka juga seharusnya lebih baik dalam mengelola suporter.

"Dari laporan yang saya dapat, bukan antarsuporter. Suporter Persib beberapa hari terakhir ada ketidakcocokan dengan manajemen klubnya. Ini lah, klub harus bisa mengelola pendukungnya," ujar Dito di Jakarta, Selasa (24/9/2024).

2 dari 4 halaman

Mediasi

Menteri Pemuda dan Olahraga baru, Dito Ariotedjo memberikan sambutan saat acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menpora 2023 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (04/04/2023). Ario Bimo Nandito Ariotedjo resmi dilantik sebagai Menpora sisa jabatan 2019-2024 menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri karena terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dito Ariotedjo pun berharap manajemen Persib Bandung untuk melakukan mediasi dengan kelompok pendukung mereka. Tujuannya untuk membuat konflik ini tidak melebar ke mana-mana,

Selain itu, Dito Ariotedjo juga berharap tidak terjadi lagi kerusuhan atau keributan di sepak bola Indonesia di masa depan.

"Ya tentu saya harapkan Persib bisa mediasi agar kedepannya tidak terjadi hal-hal seperti ini lagi," harap Dito Ariotedjo.

3 dari 4 halaman

Sanksi

Persib Bandung melawan Persija Jakarta. (Bola.com/Dok.Persib Bandung).

Persib Bandung pun bisa menjalani sanksi berat setelah kejadian kerusuhan itu. Hukuman berupa denda hingga menggelar laga kandang tanpa penonton bisa dihadapi Maung Bandung.

Dito Ariotedjo menyerahkan perihal sanksi itu kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang lebih berwenang mengurusi hal tersebut.

"Saya yakin, baik PSSI dan LIB akan memberikan sanksi sesuai dengan aturannya," tandas Dito.

 

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2024/2025

Berita Terkait