5 Momen Paling Dikenang pada Gelaran MotoGP Mandalika: Pawang Hujan sampai Pinjam Dulu Seratus

oleh Hendry Wibowo diperbarui 25 Sep 2024, 06:45 WIB
MotoGP - Ilustrasi Francesco Bagnaia, Marc Marquez, Jorge Martin dan Bendera Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Meski sempat ada isu bakal batal, MotoGP Mandalika di Sirkuit Lombok akhirnya bakal digelar sesuai jadwal 27-29 September 2024. 

MotoGP Mandalika 2024 merupakan edisi ketiga, Sirkuit Mandalika menggelar Kejuaraan Dunia Balap Motor. 

Advertisement

Pada edisi 2022, pembalap KTM, Miguel Oliveira secara mengejutkan meraih kemenangan pada balapan yang berlangsung pada trek basah. 

Lalu di MotoGP Mandalika 2023, Jorge Martin tercepat pada Sprint Race. Sementara Pecco Bagnaia finis pertama pada Main Race. 

Nah jika merujuk dua edisi sebelumnya, balapan MotoGP Mandalika selalu menyajikan drama menarik, tidak hanya di dalam lintasan, tapi juga hal lain di luar balap. 

Pada artikel ini, Bola.com memilih lima momen ikonik dari MotoGP Mandalika 2022 dan 2023. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

 

 

2 dari 6 halaman

Pawang Hujan

Tangkapan layar akun Twitter MotoGP mengunggah aksi pawang hujan Rara Isti Wulandari di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (Twitter @MotoGP)

Aksi pawang hujan di MotoGP Mandalika 2022 sangat menonjol. Rara Istiati Wulandari, sang pawang hujan, mencuri perhatian ketika hujan turun mengguyur Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Tak lama, hujan pun berhenti dan balapan pun dimulai. Kehadiran Rara Istiati Wulandari di Sirkuit Mandalika sudah ramai diperbincangkan sejak sesi free practice pada Jumat (18/3/2022) dan kualifikasi MotoGP Mandalika 2022 pada Sabtu (19/3/2022).

Namun, aksi yang dipertontonkan jelang balapan MotoGP pada Minggu sore membuat pawang hujan di Sirkuit Mandalika ini mendunia. Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo bahkan menirukan ritual Rara dalam menyetop hujan.

MotoGP bahkan menjadikan aksi pawang ini sebagai satu di antara simbol MotoGP Mandalika.

3 dari 6 halaman

Risman, Wujud Keramahan Orang Indonesia

Sosok Risman, Staf Hotel yang Disebut Miguel Oliveira Usai Menang MotoGP 2022. (Sumber: Instagram/richman_taye)

Nama petugas hotel bernama Risman mendadak viral dan mendunia ketika namanya disebut-sebut oleh pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, setelah menjuarai MotoGP Mandalika 2022, Minggu (22/2/2022). Menurut Risman, momen itu bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan. 

Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, berhasil menjadi yang tercepat dan menjuarai MotoGP Mandalika 2022. Saat diwawancara oleh televisi, Miguel Oliveira mendedikasikan kemenangannya di Mandalika kepada keluarganya dan seorang petugas hotel bernama Risman yang membantunya dan memberinya dukungan penuh selama di Lombok.

"Saya ingin mendedikasikan podium ini untuk seseorang bernama Risman, staf di hotel tempat saya menginap. Dia telah memberi dukungan kepada saya selama akhir pekan ini. Benar-benar orang yang baik," ujar Miguel Oliveira.

"Saya berjanji kalau saya bisa mendapatkan podium saya akan mendedikasikannya untuk Risman," lanjutnya. Tahun 2023, Risman bertemu lagi dengan Miguel. Keduanya berpelukan.

4 dari 6 halaman

Aleix Espargaro Lempar Helm

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro melemparkan helmnya ke tribun penonton usai balapan MotoGP seri Pertamina Mandalika International Street Sirkuit, NTB, Minggu (20/3/2022). Aksi ini untuk menepati janjinya setelah meraih sejuta pengikut akun instagramnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelum balapan MotoGP Mandalika 2022, Aleix Espargaro membuat sebuah tantangan jika followers di Instagram miliknya mencapai 1 juta, maka ia akan melempar helm yang ia gunakan saat balapan.

Benar saja jelang balapan, followers IG pembalap asal Aprilia itu bertambah lebih dari 1 juta.

MotoGP Mandalika tuntas, Aleix pun menuntaskan janjinya dengan memberikan helm ke salah satu tribun Sirkuit Mandalika.

5 dari 6 halaman

Sosok Putri Ariani

Putri Ariani membawakan Indonesia Raya sebelum MotoGP Mandalika 2023 (Liputan6.com/Thomas)

Putri Ariani dan tarian daerah eksentrik menyihir puluhan ribu penonton pada MotoGP Mandalika 2023.

Putri Ariani menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan kostum daerah yang menyita perhatian. Suara merdu penyanyi berusia 17 tahun itu kemudian membuat seisi Sirkuit Mandalika berdecak kagum.

Suasana khusyuk terlihat di tribune penonton, seraya ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Apalagi dengan tambahan penari menggunakan pakaian daerah dan melakukan tarian daerah.

"Lagu kebangsaan Indonesia yang dibawakan dengan luar biasa!" tulis akun Twitter ofisial MotoGP.

Pre event MotoGP 2023 juga diwarnai dengan tarian daerah dan seni perang ala suku Sasak. Pembalap-pembalap turut meramaikan acara itu.

6 dari 6 halaman

Jokes Lokal, Pinjam Dulu Seratus

Selebrasi pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (kanan), dengan memakai kostum Batman saat menaiki podium juara MotoGP Mandalika 2023 di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Minggu (15/10/2023) siang WIB. (AFP/Sonny Tumbelaka)

Terdapat fakta unik dan menarik yang mengiringi ketiga pembalap ketika naik podium pada MotoGP Mandalika 2023.

Tiga pembalap yang naik podium, Pecco Bagnaia, Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo sama-sama sempat mengunggah video pendek berbicara dalam bahasa Indonesia soal istilah yang viral, yaitu ‘pinjam dulu seratus’.

Pecco berhasil finis terdepan setelah mengawali balapan dari posisi ke-13.

Dia mampu unggul hingga 0,306 detik atas Maverick Vinales yang meraih podium kedua, dan 0,433 detik atas Fabio Quartararo di tempat ketiga.

Berkat kemenangan di MotoGP Mandalika 2023, Francesco Bagnaia kembali naik ke puncak klasemen sementara pembalap MotoGP dengan torehan 346 poin. Dia unggul 18 poin atas Jorge Martin yang turun ke tempat kedua.

Lelucon 'Pinjam Dulu Seratus' merupakan candaan warganet yang tengah viral di Indonesia saat ini. Celetukan pinjam dulu seratus ini pun kini ramai diutarakan oleh beberapa pembalap jelang MotoGP Mandalika 2023.

Berita Terkait