Jika Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Gabung, Perlukah Shin Tae-yong Ubah Formasi Timnas Indonesia? Atau Tinggal Modif Saja?

oleh Gatot Sumitro diperbarui 25 Sep 2024, 11:00 WIB
Timnas Indonesia - Eliano Reijnders dan Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Berbagai spekulasi bermunculan seiring akan bergabungnya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di Timnas Indonesia. Perbincangan yang hangat adalah utak-atik formasi skuad Garuda Indonesia jika dua pemain itu telah resmi diambil sumpah menjadi WNI.

Diskusi terkait formasi yang bakal diterapkan Shin Tae-yong pada lawatan ke Bahrain dan China pada lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti memang menarik.

Advertisement

Pasalnya kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan menggeser posisi dan peran pemain lama yang selama ini telah diturunkan Shin Tae-yong pada beberapa laga sebelumnya.

Mees Hilgers sangat fasih menjadi bek tengah. Catatan terakhir di Eredivisie Belanda, Hilgers membantu FC Twente menggilas klub Thom Haye, Almere City FC, dengan skor telak 5-0.

Jika Mees Hilgers menjalani debut dengan Timnas Indonesia, maka salah satu dari bek tengah Jay Idzes, Rizki Ridho, dan Justin Hubner akan duduk di bangku cadangan pemain.

2 dari 4 halaman

Posisi Eliano Lebih Fleksibel

Ilustrasi - 9 Posisi Eliano Reijnders (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara bila Eliano Reijnders dipercaya bermain di tengah, dia harus menyisihkan salah satu gelandang seperti Ivar Jenner, Thom Haye, dan Nathan Tjoe A-On.

Padahal adik kandung pemain Timnas Belanda, Tijani Reijnders ini juga mampu menjadi bek kiri. Sedangkan di pos itu ada Shayne Pattynama, Pratama Arhan, serta Calvin Verdonk.

"Karena waktu persiapan sangat pendek, saya kira Shin Tae-yong tak perlu mengubah formasi 3-5-2 yang telah jadi pakem permainan Timnas Indonesia. Perubahan pola akan mempengaruhi cara bermain keseluruhan. Dan, pemain harus adaptasi lagi dengan cara baru tersebut," kata Gusnul Yakin.

3 dari 4 halaman

Modifikasi

Timnas Indonesia - Shin Tae-yong Formasi 4-3-3 (Bola.com/Adreanus Titus)

Menurut mantan arsitek Arema itu, Shin Tae-yong hanya butuh modifikasi jika Mees Hilgers dan Eliano Reijnders main. Gusnul Yakin pun coba menerka kemungkinan tiga bek yang akan dipasang STY.

"Bek tengah bisa diisi Rizki Ridho, Jay Idzes, dan Mees Hilgers. Sedangkan Justin Hubner didorong sebagai gelandang bertahan di depan tiga bek tersebut," ujarnya.

Di sektor tengah, selain Justin Hubner bisa kolaborasi dengan Nathan Tjoe A-On dan Eliano Reijnders.

"Risikonya Thom Haye dan Ivar Jenner harus duduk dulu di bangku cadangan. Hubner dan Nathan, saya kira bisa jadi gelandang bertahan. Sedangkan Eliano di pos gelandang serang untuk membantu Ragnar Oratmangoen atau siapa saja tandemnya di lini serang," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Fleksibel

Di wilayah kanan dan kiri, lanjut Gusnul Yakin, Calvin Verdonk dan Sandy Walsh jadi pilihan terbaik.

"Saat Indonesia menyerang formasi bisa berubah 3-4-3 dengan skema Ragnar-Eliano-Struick atau striker lain yang siap main," paparnya.

Apabila Timnas Indonesia diserang, analisa Gusnul Yakin, maka STY bakal memakai lima pemain belakang dengan tiga bek paten ditambah Calvin Verdonk dan Sandy Walsh.

Berita Terkait