Pep Guardiola: Saya Tidak Mau Buang-Buang Energi di Carabao Cup, Tetapi Man City Harus Juara

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 25 Sep 2024, 06:08 WIB
Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Jeremy Doku ke gawang Watford pada pentas Carabao Cup, Rabu (25/9/2024) dini hari WIB. (Darren Staples / AFP)

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengatakan dia tidak akan membuang-buang energi di Carabao Cup. Namun, ia menegaskan tak akan membiarkan timnya kehilangan satu piala pun musim ini.

Man City beringsut ke babak 16 besar edisi musim ini berkat gol babak pertama dari Jeremy Doku dan Matheus Nunes. Meski kebobolan juga, The Cityzens meraih  kemenangan 2-1 melawan tim Championship atau kasta kedua Liga Inggris, Watford.

Advertisement

Dalam starting XI, hanya Doku dan Kyle Walker yang dipertahankan pada laga yang dimulai kurang dari 50 jam setelah hasil imbang 2-2 Liga Inggris melawan Arsenal hari Minggu kemarin.

Dengan pertandingan liga di Newcastle pada hari Sabtu siang waktu setempat, Pep Guardiola memilih untuk melakukan rotasi besar-besaran. "Babak berikutnya, saya umumkan, saya bermain melawan tim kedua. Sudah pasti, kami tidak akan membuang-buang energi di kompetisi ini."

2 dari 4 halaman

Tetap Mau Juara

Rico Lewis (kiri) menghampiri Matheus Nunes (kanan) yang mencetak gol ke gawang Watford Watford pada pentas Carabao Cup, Rabu (25/9/2024) dini hari WIB. (Darren Staples / AFP)

Guardiola sejajar dengan Brian Clough dan Sir Alex Ferguson dengan empat gelar juara di Carabao Cup. Namun, dengan tambahan pertandingan Eropa dari musim ini, dia merasa harus melihat turnamen dengan sudut pandang berbeda, khususnya mengenai jadwal padat.

Meski enggan buang-buang energi, Guardiola dengan tegas tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menjuarai turnamen ini. Apalagi ia berpeluang untuk menjadi 'manajer tersukses' di Carabao Cup.

"Jadwalnya ya begini lah, kami tidak bisa berbuat apa-apa kalau sudah bicara jadwal," katanya. "Hari ini yang main ada James McAtee, Matheus Nunes, Jack Grealish, Phil Foden, yang kemarin lawan Arsenal tidak bermain full, lalu kami turunkan juga pemain berusia 16 tahun, sempurna. Itu sebabnya ini adalah kompetisi yang bagus, jika tidak, kami tidak akan menang empat kali berturut-turut.

"Kami bermain untuk juara. Kami tidak pernah sengaja melepas sebuah kompetisi. Tidak akan. Tapi kami bermain 50 jam yang lalu. Saya tidak akan mengambil risiko dengan Liga Inggris dan Liga Champions di kompetisi ini."

3 dari 4 halaman

Pujian untuk Nunes

Pada malam ketika Kaden Braithwaite yang berusia 16 tahun menjadi pemain termuda Man City, Nunes juga tampil brilian. Pemain seharga £53 juta dari Wolves lebih dari setahun yang lalu, Nunes belum memberikan dampak yang diharapkan.

Pemain internasional Portugal itu hanya jadi starter tujuh kali musim lalu dan sejauh ini baru menghabiskan 20 menit aksi Premier League pada tiga penampilan sebagai pengganti.

"Dia memiliki kualitas khusus yang hanya dimiliki beberapa pemain", kata Guardiola. "Dia sangat baik dalam ruang dan dalam transisi. Saya sangat senang untuknya. Dia pria yang baik."

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Posisi Man City di Liga Inggris 2024/2025

Berita Terkait