Pep Guardiola Pastikan Rodri Jalani Operasi: Dia Bakal Absen Panjang

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 25 Sep 2024, 08:10 WIB
Pemain Manchester City, Rodri, tampak lesu meninggalkan lapangan usai menerima kartu merah dari wasit saat melawan Nottingham Forest pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu (24/9/2023). (AP Photo/Jon Super)

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengaku belum tahu kepastian berapa lama Rodri bakal menepi akibat cedera. Dia hanya menegaskan akan mencari pengganti yang tepat menyusul absennya Rodri. 

Rodri mengalami cedera lutut yang serius saat Man City bermain 2-2 kontra Arsenal pada lanjutan Liga Inggris 2024/2025, Minggu (22/9/2024). Rodri terancam absen panjang, bahkan hingga akhir musim ini. 

Advertisement

Guardiola akhirnya bicara tentang kondisi Rodri setelah The Citizen melaju ke babak empat besar Carabao Cup berkat kemenangan 2-1 atas Watford, Rabu (25/9/2024) dini hari WIB. 

"Ketika Anda tanpa gelandang terbaik di dunia untuk waktu yang lama, itu menjadi pukulan besar," kata Guardiola, seperti dikutip dari Standard

"Tetapi tugas saya adalah menemukan solusi. Ketika pemain tak tergantikan, kami harus melakukannya sebagai sebuah tim," imbuh pelatih asal Spanyol tersebut. 

 

2 dari 3 halaman

Tunggu Keputusan Dokter

Gelandang Manchester City, Rodri melepaskan tendangan saat menghadapi Yokohama Marinos pada laga uji coba pramusim 2023/2024 di Tokyo, Jepang (23/7/2023). (AP Photo/Shuji Kajiyama)

Pep Guardiola mengatakan harus menunggu hasil pemeriksaan dokter untuk mengetahui berapa lama Rodri harus menepi. 

“Tetap saja, kami belum tahu kepastiannya. Dia akan absen cukup lama, tapi ada beberapa pendapat yang menyebut mungkin kurang dari waktu yang kami perkirakan. Sayangnya dia cedera," tutur Guardiola. 

"Saat ini, saya masih tidak bisa memberi tahu Anda. Kami sedang menunggu panggilan telepon terakhir dari dia dan dokter untuk mengetahui secara pasti penyakit apa yang dia derita dan jenis operasi apa yang harus dia jalani," imbuh Guardiola. 

 

 

3 dari 3 halaman

Tak Akan Buang Energi di Carabao Cup

Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Jeremy Doku ke gawang Watford pada pentas Carabao Cup, Rabu (25/9/2024) dini hari WIB. (Darren Staples / AFP)

Sementara itu, Pep Guardiola, mengatakan tidak akan membuang-buang energi di Carabao Cup. Namun, ia menegaskan tak akan membiarkan timnya kehilangan satu piala pun musim ini.

Man City beringsut ke babak 16 besar edisi musim ini berkat gol babak pertama dari Jeremy Doku dan Matheus Nunes. Meski kebobolan juga, The Citizens meraih  kemenangan 2-1 melawan tim Championship atau kasta kedua Liga Inggris, Watford.

Dengan pertandingan liga di Newcastle pada hari Sabtu siang waktu setempat, Pep Guardiola memilih untuk melakukan rotasi besar-besaran. "Babak berikutnya, saya umumkan, saya bermain melawan tim kedua. Sudah pasti, kami tidak akan membuang-buang energi di kompetisi ini." 

Guardiola sejajar dengan Brian Clough dan Sir Alex Ferguson dengan empat gelar juara di Carabao Cup. Namun, dengan tambahan pertandingan Eropa dari musim ini, dia merasa harus melihat turnamen dengan sudut pandang berbeda, khususnya mengenai jadwal padat.

Meski enggan buang-buang energi, Guardiola dengan tegas tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menjuarai turnamen ini. Apalagi ia berpeluang untuk menjadi 'manajer tersukses' di Carabao Cup.

"Kami bermain untuk juara. Kami tidak pernah sengaja melepas sebuah kompetisi. Tidak akan. Tapi kami bermain 50 jam yang lalu. Saya tidak akan mengambil risiko dengan Liga Inggris dan Liga Champions di kompetisi ini."

Sumber: Standard

Berita Terkait