Perdebatan GOAT Lionel Messi Vs Cristiano Ronaldo, Mikel Arteta: Jawabannya Selalu La Pulga

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 25 Sep 2024, 13:15 WIB
Ilustrasi - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, tidak ragu-ragu ketika diminta memilih siapa pemain terhebat sepanjang masa alias GOAT. Pilihannya tentu saja antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Perdebatan siapa GOAT yang sebenarnya antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memecah fans sepak bola selama lebih dari dekade. Bahkan, perdebatan ini masih akan berlanjut hingga bertahun-tahun ke depan. 

Advertisement

Ketika bicara soal gol, Ronaldo menempati posisi teratas karena belum lama ini menjadi pemain pertama yang mencetak lebih dari 900 gol di ajang resmi. 

Namun, La Pulga, julukan Messi, unggul jauh jika melihat koleksi trofi Ballon d'Or. Legenda hidup sepak bola Argentina itu menyabet delapan gelar Ballon d'Or, sedangkan Ronaldo hanya lima. 

Kedua pemain kini di pengujung senja karier. Ronaldo lanjut bersuka cita mencetak gol di Arab Saudi, sedangkan Messi lanjut menikmati permainan bersama Inter Miami di MLS. 

 

2 dari 3 halaman

Alasan Arteta Pilih Messi

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, berhasil membawa timnya meraih kemenangan 3-0 atas Oxford United pada laga putaran ketiga Piala FA di Kassam Stadium, Selasa (10/1/2023) dini hari WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Meskipun Messi dan Ronaldo sudah melewati masa puncak dan telah muncul bintang-bintang baru, perdebatan sosok GOAT tetap mengalir deras. Namun, Mikel Arteta tidak pernah kebingungan atau ragu ketika harus memilih. 

“Jawabannya selalu Messi, saya tidak bisa menyangkalnya. Bagi saya maupun ketiga putra saya, sama persis,” kata Arteta dalam wawancara dengan Sky Sports, seperti dikutip Sportbible, Rabu (25/9/2024). 

"Kita semua beruntung karena memiliki kesempatan selama bertahun-tahun untuk merasakan pengalaman melihat pemain terbaik sepanjang masa, menurut pendapat saya." 

“Bagi saya,  dibandingkan dengan seberapa besar saya menjadi Messi dan yang lain (Cristiano Ronaldo dan Pele), perbedaannya sangat besar,” tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Pernah Hadapi Messi

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta saat ini tengah menjalani musim ke-5 membesut The Gunners di Premier League musim 2023/2024. Ia mulai mengarsiteki Arsenal setelah meninggalkan posisinya sebagai asisten Pep Guardiola di Manchester City pada tengah musim 2019/2020 menggantikan sang caretaker Freddie Ljungberg yang sebelumnya mengisi posisi Unai Emery yang dipecat. (AFP/Ben Stansall)

Arteta tidak pernah menghadapi Messi selama kariernya sebagai pemain. Namun, dia pernah menghadapi Ronaldo dalam beberapa pertandingan ikonik antara Everton melawan Manchester United. 

Kini, Arteta sedang fokus membawa Arsenal untuk mematahkan dominasi Manchester City di Liga Inggris. The Gunners ingin menyudahi rentetan gelar juara Man City yang terjadi dalam empat musim terakhir di Premier League. 

Sumber: Sky Sports, Sportbible 

Berita Terkait