Mengenal sosok Reno Munz, Pemain Jerman yang Bisa Gabung Timnas Indonesia: Statistiknya Moncer

oleh Choki Sihotang diperbarui 25 Sep 2024, 17:35 WIB
Ilustrasi - Reno Munz, calon naturalisasi Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia, kini satu nama lagi yang tengah menggelegar, yaitu Reno Munz.

Dalam beberapa hari terakhir, nama Reno Munz kerap diperbincangan, khususnya fans setia Timnas Indonesia.

Advertisement

Bagaimana tidak, Reno Munz dikabarkan bersedia memperkuat Skuad Garuda jika PSSI menginginkan dirinya.

Reno Munz pemain muda dengan skil di atas rata-rata. Kariernya mentereng. Ia pernah memperkuat Bayer Leverkusen U-19 pada 2022. Pemain kelahiran Jakarta 2 Oktober 2005 tersebut hadir dalam dalam 38 laga di level U-19 hingga musim 2023/2024 dengan torehan dua gol.

Jelang bergulirnya musim 2024/2025, klub Bundesliga 2 Jerman, Greuther Furth, kepincut dan mengangkut Reno Munz ke kandang mereka, Playmobil-Stadion.

 

2 dari 3 halaman

Statistik Reno Munz

Bek Bayer Leverkusen, Reno Munz (kanan), menekel pemain Marseille, Ismaila Sarr, pada pertandingan pramusim di Stade Velodrome, Marseille, 2 Agustus 2023. (AFP/Clement Mahoudeau)

Dari enam laga di ajang Bundesliga 2 musim ini, bek jangkung 188 cm itu sudah tampil dalam tiga laga, termasuk menjadi starter kala bentrok kontra Eintracht Braunschweig pada Sabtu (21/9/2024) yang berakhir dengan kekalahan 0-2.

Mendapat kepercayaan sebagai starter dari sang pelatih, Alexander Zorniger, jelas membuktikan pemain yang masih berusia 18 tahun itu sosok istimewa.

Berdasarkan statistik yang tertera di WhoScored, Reno Munz rata-rata melakukan 1 intersep, 0,3 tekel, dan 1,7 sapuan sukses per laga.

Melihat bakatnya yang luar biasa, PSSI harus gerak cepat. Reno Munz bisa jadi andalan di lini belakang Timnas Indonesia U-20 besutan Indra Sjafri atau alternatif bagi Shin Tae-yong di timnas senior.

Tak hanya bisa dimainkan sebagai bek tengah seperti Jay Idzes, Reno Munz juga mumpuni di kiri pertahanan seperti halnya Calvin Verdonk.

 

 

3 dari 3 halaman

Tunggu Keputusan PSSI

Piala Asia U-20 - Ilustrasi Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Jika Mees Hilgers dan Eliano Reijnders harus menempuh jalur program naturalisasi, maka Reno Munz tak perlu via naturalisasi.

Soalnya, Statuta FIFA pasal 7 menyebut seorang pemain yang lahir di negara tertentu bisa memperkuat tim nasional tersebut tanpa harus dinaturalisasi.

Jadi, walau Reno Munz sama sekali tak memiliki darah keturunan Indonesia, mengingat kedua orang tuanya berasal dari Jerman, ia bisa memilih Indonesia sebagai kewarganegaraannya.

Kini semua berpulang kepada PSSI. Jika butuh tambahan bek dengan kemampuan level atas seperti yang diinginkan Shin Tae-yong, tak ada salahnya memberikan kesempatan kepada Reno Munz.

Sumber: Whoscored

Berita Terkait