Mantan Pemain Real Madrid: Cristiano Ronaldo Tak Tahu Cara Bermain Sepak Bola

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 25 Sep 2024, 15:30 WIB
Pemain Al-Nassr, Cristiano Ronaldo, tampak kecewa saat ditaklukkan Al-Ain di Liga Champions Asia 2023/2024 di Al-Awal Park Stadium, Selasa (12/3/2024). (AFP/Fayez Nureldine)

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain Real Madrid, Antonio Cassano, membuat pernyataan kontroversial. Ia menyebut Cristiano Ronaldo tidak tahu cara bermain sepak bola. 

Cassano, yang pernah bermain untuk klub-klub besar seperti AS Roma, Real Madrid, dan AC Milan selama 18 tahun kariernya, tidak pernah ragu mengkritik Cristiano Ronaldo.

Advertisement

Pada 2021, ia menyebut bintang Portugal tersebut sebagai pemain egois. "Dia tidak peduli jika orang lain mencetak gol, dia hanya hidup untuk mencetak gol sendiri," kata Cassano. 

"Dia tidak hidup untuk sepak bola, dia hidup untuk gol-golnya sendiri, itu jelas," imbuh Cassano. 

Cassano juga sempat menyanggah klaim agen super, Jorge Mendes, yang menyanjung Ronaldo sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Cassano juga menyebutkan lima pemain yang menurutnya lebih baik daripada Ronaldo.

"Cukup tentang Jorge Mendes," ujar Cassano di saluran Twitch milik Christian Vieri. "Dia bahkan tidak masuk lima besar, Lionel Messi, Pele, Diego Maradona, Johan Cruyff, dan Ronaldo 'O Fenómeno' berada di level yang berbeda."

 

2 dari 4 halaman

Cassano Minta Ronaldo Pensiun Saja

Antonio Cassano - Kehebatan Cassano bersama AS Roma membuat Real Madrid tertarik memboyongnya pada 2006. Namun sayangnya, Cassano hanya mampu bertahan semusim saja kemudian dia dikembalikan ke Italia bersama Sampdoria sebagai pemain pinjaman. (AFP/Philippe Desmazes)

Cristiano Ronaldo sempat mengalami kesulitan di awal musim 2022/2023. Casano langsung melontarkan kritik keras terhadap bintang Portugal tersebut, mendesaknya segera pensiun. 

"Saat ini, Cristiano seharusnya mencintai dirinya sendiri, melakukan hal yang baik untuk dirinya, dan menyadari bahwa jika tidak bisa mencapai level yang diinginkan, dia harus mengakhiri kariernya," kata Cassano dalam podcast Muschio Selvaggio, seperti dikutip Sportbible, Rabu (25/9/2024). 

"Dia telah memenangi segalanya. Dia fenomenal. Ini saatnya untuk pensiun." 

 

3 dari 4 halaman

Tidak Suka Gaya Bermain Ronaldo

Bintang Al-Nassr Cristiano Ronaldo. (Fayez NURELDINE / AFP)

Cassano menegaskanhanya tidak suka dengan gaya bermain Ronaldo yang menurutnya egois.

"Saya sangat menghormati CR7, tapi saya tidak suka dia sebagai pemain. Lionel Messi seperti Diego Maradona. Dia harus meninggalkan Argentina pada usia 14 tahun dan menghadapi masalah fisik yang serius, itu menunjukkan pengorbanan."

Cassano, yang mencetak 139 gol sepanjang kariernya, sangat jauh dengan dengan rekor Ronaldo yang mencapai 902 gol. Ia hanya berkiprah selama dua tahun di Real Madrid dari 2006 hingga 2008, cuma mencetak empat gol. Di sisi lain, Cristiano Ronaldo menorehkan 450 gol untuk Real Madrid, memperjelas jarak yang besar di antara keduanya.

Namun, Cassano kembali mempertegas pandangannya tentang Ronaldo. "Cristiano Ronaldo tidak tahu cara bermain sepak bola," katanya dalam podcast Viva El Futbol.

"Dia bisa mencetak 3.000 gol, tapi saya tidak peduli."

 

 

4 dari 4 halaman

Pernah Ditegur Ronaldo

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak satu gol sekaligus membantu Al Nassr meraih kemenangan 3-0 atas Al Ettifaq pada laga pekan keempat Saudi Pro League musim ini di Al Ettifaq Club Stadium, Sabtu (21/9/2024) dini hari WIB. (dok. Al Nassr)

Cassano juga menyebut beberapa striker lain seperti Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, Karim Benzema, Robert Lewandowski, Zlatan Ibrahimovic, dan Luis Suarez sebagai pemain yang lebih pandai dalam bekerja sama dengan tim, sesuatu yang menurutnya tidak pernah dikuasai Ronaldo.

Cassano pernah mengklaim Ronaldo sangat kesal dengan komentarnya hingga mengirim pesan pribadi untuk meminta penghormatan atas apa yang telah dicapai dalam kariernya. 

"Ronaldo menulis pesan kepada saya," ungkap Cassano di saluran Twitch Christian Vieri.

"Cristiano mengatakan bahwa saya harus menghormatinya karena trofi yang dia menangkan dan gol-gol yang dia cetak."

Cassano mengaku tidak takut mengatakan kebenaran. "Saya tidak takut mengatakan yang sebenarnya, saya siap menghadapi siapa pun dari Paus hingga orang terakhir di Bumi ini."

Penulis: Lutfi Galih Pewaning

Sumber: Sportbible 

Berita Terkait