Lebih dari Sekadar Partner, Shell adalah Keluarga bagi Ducati Corse

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 25 Sep 2024, 16:23 WIB
Francesco Bagnaia alias Pecco Bagnaia (tengah) menyambut fans di Jakarta dalam acara peluncuran Shell Advance AX7 Scooter Oil 10W-30 dalam kemasan 0,65 liter, Rabu (25/9/2024) pagi WIB. (Bola.com/Daffa Satrio)

Bola.com, Jakarta - Sporting Director Ducati Corse, Mauro Grassilli, menganggap kerja sama dengan Shell sudah seperti keluarga. Ia berharap hubungan yang sudah terjalin selama puluhan tahun itu bisa memberikan energi positif buat kedua belah pihak.

Shell Advance, merek pelumas sepeda motor kelas dunia, akan kembali menghadirkan kemitraan teknisnya (technical partnership) dengan Ducati Corse untuk MotoGP 2024 pada 27-29 September 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Advertisement

Arie Satyanggoro selaku VP Marketing Lubricants Shell Indonesia menjelaskan bagaimana sebenarnya hubungan antara Shell dengan Ducati.

"Shell sudah menjadi technical partner Ducati Corse sejak 1999 dan pada 2023 kami tanda tangan kontrak baru sampai 2027. Kita percaya bahwa pada level tersebut maka bagaimana kinerja mesin akan sangat penting sekali. Kami juga sudah bekerja dengan tim engineer Ducati untuk mengembangkan lubricant yang digunakan pembalap untuk race."

"Sebenarnya kerja sama yang bertahun-tahun ini kita gunakan untuk memegang satu sama lain, juga untuk perkembangan produk di Indonesia."

2 dari 3 halaman

Seperti Keluarga

Francesco Bagnaia (kanan) dan Sporting Director Ducati Corse, Mauro Grassilli, hadir di Jakarta dalam acara konferensi pers Shell Advance, Rabu (25/9/2024) sore WIB. (Bola.com/Daffa Satrio)

Pada kesempatan yang sama, Mauro Grassilli bahkan sampai menyebut hubungan Ducati dengan Shell bukan seperti sport partnership, melainkan keluarga.

"Shell sudah seperti keluarga. Saat Anda bicara tentang Ducati, maka Anda bicara tentang Shell. Jadi Shell adalah bagian besar dari Ducati, kami tidak melihatnya sebagai elemen olahraga, tetapi sebagai keluarga," kata Sporting Director Ducati Corse itu.

"Senang sekali Ducati bisa bekerja sama dengan Shell, sebuah brand raksasa dunia. Kita bicara tentang kecepatan dan performa. Ducati dan Shell punya masa depan yang cerah, saya harap kami bisa meraih hal-hal yang fantastis," tambah Francesco Bagnaia.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi Penting

Melalui kemitraan teknis yang telah terjalin selama 25 tahun, Shell Advance telah mendukung Ducati Corse dalam memenangkan lebih dari 150 podium kejuaraan MotoGP dan World Superbike, termasuk sembilan gelar juara dunia MotoGP di mana dua di antaranya diraih secara beruntun pada tahun 2022 dan 2023. Kolaborasi berkelanjutan ini tidak hanya berhasil mencetak beragam prestasi, tetapi juga menjadi fondasi bagi pengembangan Shell PurePlus Technology yang diterapkan dalam produk premium Shell Advance.

"Setelah Ducati mencetak sejarah dengan meraih gelar juara Constructors’ World Championship pada MotoGP untuk kelima kalinya secara berturut-turut di Emilia-Romagna Grand Prix akhir pekan lalu, kami berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama teknis dengan Shell Advance di Mandalika."

"Kolaborasi ini berperan penting dalam pengembangan sepeda motor Ducati yang paling maju dan cepat serta menguji kemampuan pembalap dan mesin hingga batas maksimal di lintasan. Dengan dukungan yang kuat tersebut, kami yakin dapat terus mencapai performa luar biasa di lintasan balap dan seterusnya," kata Grassilli lagi.